10 tips membeli mobil baru di dealer!

Mencoba mobil baru di dealer atau yang lazimnya disebut test drive adalah salah satu bentuk layanan yang diberikan oleh dealer mobil sebelum kita memastikan untuk membelinya. Manfaatkanlah fasilitas ini karena kita akan dapat mengetahui dengan seksama spesifikasi dan kapasitas mobil.

Lalu bagaimana memaksimalkan manfaat test-drive yang ditawarkan dealer. Di bawah ini ada langkah-langkah untuk mendapat manfaat maksimal. Dan yang pasti test drive bukan jalan-jalan keliling dealer selama lima belas menit.

  • Tanam dalam benak sejumlah keterbatasan seperti ukuran garasi atau tempat parker dan gambarkan tipe kendaraan yang cocok. Jangan sekedar karena murah, atau sedang nge-tren. Yang pasti, jangan ambil jika tidak memenuhi semua kebutuhan anda.
  • Manfaatkan akses internet, bisa mengklik situs merek mobil untuk membandingkan fitur-fitur yang dimiliki, ukuran, fuel economy, dan harga. Sempitkan jumlah kandidat untuk mempermudah proses selanjutnya. Juga mengurangi resiko expensive mistake, bila sesuatu yang menarik, memikat kita di showroom.
  • Pertimbangkan juga apakah beli ‘ready stock’ atau ‘indent’. Membeli mobil ‘ready stock’ nilai plus-nya, bargaining position konsumen lebih kuat karena dealer harus menjual unitnya cepat-cepat. Pembeli juga bisa langsung bawa pulang mobil. Minusnya mungkin mobil yang ada tidak memenuhi semua ekspetasi awal. Memesan mobil, menjamin anda mendapat mobil persis seperti yang diinginkan. Semua pilihan dan permintaan akan dipenuhi. Tapi tunggu dulu beberapa bulan.
  • Juga perlu dipertimbangkan, kapasitas mesin, pilihan transmisi, kapasitas kargo dan konsumsi bahan bakar. Data fuel economy yang dirilis produsen biasanya didapat dari pengujian dengan kondisi ideal. Jadi biasanya angka yang dipromosikan itu tidak realistis. Angka itu juga dipengaruhi bagaiman mobil itu nanti akan digunakan. Apakah selalu beban penuh – penumpang dan kargo, dan mesin besar memang memberikan tenaga yang cocok untuk keperluan itu, tapi jangan menuntut efisensi bahan bakar seperti mobil kompak.
  • Pikirkan juga jenis transmisi. Manual mungkin lebih asyik, tapi begitu terjebak macet, matik lebih nyaman. Bila termasuk komuter  yang setiap hari rutin merayap 2 jam di jalanan, pilihan matik lebih masuk akal, meskipun harganya lebih mahal.
  • Pasang seatbelt dan rasakan sudah pas dan nyaman. Periksa spion dan kemudahan mengatur posisinya. Dan lihatlah sekeliling untuk memeriksa keleluasaan pandangan. Hal-hal simple tapi potensial mengganggu seperti sandaran kursi belakang terlalu tinggi yang menyulitkan saat mundur. Juga periksa apakah kita bisa menekan pedal hingga kelantai dengan tetap mempertahankan jarak aman dari roda kemudi  (25 cm). jika tidak, pertimbangkan power seat.
  • Tiba saatnya menghidupkan mesin. Kita membutuhkan konsenstrasi dan seluruh penilaian, bukan sekedar putar-putar di sekitar showroom. Arahkan mobil ke jalan tol untuk menguji  seberapa besar power mobil untuk menyalip. Sistem transmisi  terus bekerja efisien, kemudi halus dan akurat. Coba juga parker dalam beragam posisi. Periksa juga blind spot dan radius putar maksimum.
  • Untuk memudahkan proses pemeriksaan, buat daftar cek item. Test drive mendalam seperti ini butuh beberapa jam. Mungkin sales person akan bermuka masam, abaikan saja karena kita membelanjakan uang yang tidak sedikit dan mobil ini bakal menemani bertahun-tahun. Jadi santai tapi serius. Kalau sales person mendesak untuk lebih cepat, jelaskan posisi kita dan bila tidak berhasil hubungi manajer. Kalau tidak berhasil, pindah ke dealer lain.
  • Dealer biasanya memberikan waktu sekitar 30 menit untuk test driver dan wajar bila mereka khawatir jika kita tidak kembali dalam beberapa jam. Periksa mobil dengan seksama tapi jangan disalahgunakan. Larang anak untuk menginjak-nginjak kursi, jangan bawa minuman bila ada resiko tumpah. Jangan memanfaatkan dealer dengan mencoba mobil balap yang tidak mungkin terbeli.
  • Yang harus kita perhatikan saat test drive adalah akselarasi, suara mesin akselerasi saat menyalip, power di tanjakan, pengereman, kemudi , menikung, suspense, kenyamanan kursi dan ergonomis, derik dan derak, ruang kargo, visibility, entertainment system.

(tqar/berbagai bumber)

.

.

.

Related Post :

Pegang setir kelas pemula
10 tips membeli mobil baru di dealer!
Jenis bensin apa yang terbaik untuk kendaraan kita?
Mengenal bagian2 mesin mobil [Ex; Avanzato]
Tips sederhana merawat ban kendaraan kita.
Trik mengemudi saat tanjakan
Cara mengerem mobil dengan halus
Waspada! mengemudi saat hujan.
Tips aman dan santun berkendara mobil saat macet!
Periode tepat ganti oli mobil kita.
Tips pintar mengemudi di jalan tol!
Tips berkendara agar hemat bensin (BBM)
Tindakan saat mobil/kendaraan mengalami overheating!
Apa yg harus dilakukan setelah kendaraan melewati banjir dan mobil mati

3 thoughts on “10 tips membeli mobil baru di dealer!”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s