Tips aman dan santun berkendara mobil saat macet!

Jalanan macet merupakan hal yang lumrah di setiap sudut jalan, di perkotaan, di persimpangan, dan di tempat keramaian lainnya. Beberapa dari kita menganggap bahwa jalan macet menyebabkan borosnya dalam konsumsi bbm, namun yang harus lebih diutamakan ialah keselamatan, baik diri pribadi atau kendaraan kita sendiri, sebab tak sedikit kecelakaan terjadi saat kemacetan, karena ada faktor-faktor luar yang bisa menjadi penyebab kecelakaan, seperti pejalan kaki, penyebrang jalan, atau gerakan mendadak dari kendaraan lain, apalagi yang namanya kendaran roda dua alias motor yang ugal-ugalan.

Berikut adalah tips-tips sederhana cara mengemudikan mobil saat kita terjebak kemacetan.

  1. Jaga jarak aman, perhatikan khusus pada bagian ban mobil depan yang sedang kita ikuti, atur jarak secara proporsial.  dua – tiga meter merupakan jarak yang ideal, walau tetap harus menyesuaikan.
  2. Jika mobil kita berada pada posisi macet dan bertemu dengan pertigaan tanpa lampu merah, maka jangan berhenti tepat di jalan pertigaan (entrance/junction)  tersebut, atau menutupi jalur pertigaan tersebut yang bisa menyebabkan kemacetan bertambah parah. Namun jalankan mobil jika memang jalur tersebut telah kosong.
  3. Selalu waspada, dengan secara reguler mengecek spion, di setiap bagian, perhatikan para pejalan kaki, kendaraan lain di kiri dan di kanan. Bersamaan dengan itu pastikan kontrol laju terkendali baik dari pengereman atau lajur kopling.
  4. Gunakan rem tangan jika berhenti di tanjakan.
  5. Dahulukan pengendara lain yang ingin masuk jalan dari jalur lainnya (junction).

Sederhananya jika disimpulkan, kunci utama aman berkendaraa saat jalanan macet ialah:

  • Selalu mengecek spion kanan kiri dan arah belakang.
  • Tetap tenang (calm) dan jangan terburu-buru.
  • Jaga jarak aman dengan kendaraan sekitar kita
  • Selalu siap untuk pelan / berhenti jika diperlukan.

.

.

.

-=-

2 thoughts on “Tips aman dan santun berkendara mobil saat macet!”

Leave a comment