4 makanan tingkatkan kekebalan tubuh+behaviour

Kesehatan sangat penting bagi manusia. Bila kondisi tubuh sudah tidak sehat, bisa jadi karena rendahnya sistem kekebalan tubuh. Penyebabnya adalah kesalahan pada pola makan dan asupan nutrisi yang dikonsumsi.
Jangan abaikan kondisi seperti ini terlalu lama. Karena, mencegah lebih baik daripada mengobati penyakit. Mungkin Anda mengenal beberapa obat atau suplemen yang mengklaim bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tapi ada cara alami yang lebih aman, yaitu lewat makanan.
Dikutip dari womens health, berikut ini beberapa jenis makanan yang memperkuat daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

1. Oatmeal

Ahli kesehatan dan nutrisi dari Intergrative Cancer Care, Evanston, Illinois menyarankan untuk rutin mengonsumsi oatmeal. Alasanya, karena oatmeal kaya serat, asam lemak omega 3, tiamin, zat besi dan beta-glukan yang bisa membantu melancarkan peredaran darah serta berfungsi sebagai antioksidan. Oatmeal juga mampu dipercaya dapat mengurangi kadar kolesterol berbahaya dan mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

2. Tomat

Tomat adalah buah yang paling mudah ditemui. Warnanya yang cerah dapat menarik perhatian banyak orang untuk mengonsumsinya. Tomat banyak digunakan untuk masakan seperti sup, jus, pasta dan lainnya. Lycopene yang terkandung dalam tomat berfungsi melawan oksidasi, menghambat mutasi sel, menurunkan cidera asam nukleat, mengurangi penyakit pembuluh darah, jantung dan mencegah penyakit kanker.

3. Teh Chamomile

Menurut peneliti dari Imperial College, London, teh chamomile bermanfaat untuk pencegahan penyakit. Dalam studi tersebut, orang yang minum lima cangkir teh chamomile setiap hari, selama dua minggu, aktivitas daya tahan tubuh terhadap bakteri meningkat. Kondisi ini pun tetap bertahan selama dua minggu meskipun orang tersebut berhenti mengonsumsi teh chamomile. Teh ini baik diminum saat demam atau flu.

Sebetulnya ada satu lagi kutipan jenisnya, yakni “wine” yang diklaim  telah dikenal sejak lama di dunia kuliner. Sejak dulu, wine diminum untuk meningkatkan ketahanan tubuh terhadap penyakit seperti diare dan kolera. Kandungan wine seperti flavonoid dan fenolik yang disebut resveratol bersifat antioksidan yang dapat melawan radikal bebas penyebab gangguan kesehatan.Tapi coba simak paragraf di bawah ini!

Wine adalah produk fermentasi, sedangkan fermentasi wine adalah proses dimana juice anggur bersama-sama dengan bahan yang lain yang diubah secara reaksi biokimia oleh khamir dan menghasilkan wine. Bahan untuk proses fermentasi adalah gula ditambah”khamir” yang akan menghasilkan alkohol dan CO2. CO2 akan dilepaskan dari campuran wine menuju udara dan alkohol akan tetap tinggal di fermentor. Jika semua gula buah sudah diubah menjadi alkohol atau alkohol telan mencapai sekitar 15% biasanya fermentasi telah selesai atau dihentikan. Selama fermentasi sering ditambahkan nitrogen dan mikro nutrien guna mencegah produksi gas H2S.

Sehingga, wine is prohibited in islam (no doubt about it)

Supaya relevan, kita cari compabilitas pencegahan lain lainnya K!

 

Cara mencegah diare

Diare termasuk penyakit yang dapat sembuh dengan sendirinya (self limiting disease). Meskipun demikian, jangan remehkan diare karena dapat mengancam jiwa. Dua pembunuh terbesar anak-anak balita (bawah lima tahun) adalah diare dan radang paru-paru.

Penyakit diare dapat ditularkan melalui:

  • Pemakaian botol susu yang tidak bersih
  • Menggunakan sumber air yang tercemar
  • Buang air besar disembarang tempat
  • Pencemaran makanan oleh serangga (lalat, kecoa, dll) atau oleh tangan yang kotor.

Faktor kebersihan ternyata ikut andil dalam menyebabkan anak diare. Mulai dari kebersihan alat makan anak sampai kebersihan setelah buang air kecil/buang air besar. Semua yang dapat mengenai tangan anak atau langsung masuk ke dalam mulut anak harus diawasi.

Ada cara yang mudah untuk mencegah terkena diare yaitu mencuci tangan dengan sabun. Kebiasaan sederhana mencuci tangan dengan sabun, jika diterapkan secara luas, akan menyelamatkan lebih dari satu juta orang di seluruh dunia, khususnya balita.

Terkadang diare kerap menyerang ketika kita berkunjung ke daerah baru (lapangan) karena kita mengabaikan faktor kebersihan baik dari segi makanannya dan cara kita memakannya.

Suntikan Vaksin Rotavirus (4 further information just click here)

 

Cara menghindari Kolera

Hampir sama halnya dengan diare, penyakit ini juga “konon katanya” disebabkan oleh baketeri kolera, dan penyebab dan pencegahannya sama dengan diare.

 

 

CMIIW🙂

 

 

3 thoughts on “4 makanan tingkatkan kekebalan tubuh+behaviour”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s