Yuk ke Ternate, Lihat Alquran Tertua di Asia Tenggara

TERNATE/MARET 2011 – Alquran tertua di Asia Tenggara yang berasal dari Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur, dan milik Kesultanan Ternate akhirnya secara resmi diperlihatkan kepada publik pada Festival Legu Gam. Sekretaris Kesultanan Ternate Gunawan mengatakan, pihak Kesultanan akhirnya menepati janjinya untuk menampilkan Alquran kuno itu di depan masyarakat yang mengunjungi Festival Legu.

Alquran yang ditutupi sehelai kain putih dan terbuat dari kulit kayu dengan pembungkus kotak kayu ini disimpan di Kedaton Kesultanan Ternate dan kini menjadi pusat perhatian ribuan orang yang berebut melihatnya.

“Kitab suci ini dipinjam dari Pemda Kabupaten Alor untuk dipamerkan pada acara Legu Gam MKR 2011. Alquran tua ini akan dibaca saat momen tertentu pada acara itu,” ungkap panitia. Ia menuturkan, Alquran ini dibawa ke Alor Besar pada 1519 Masehi oleh Iang Gogo yang merantau bersama empat saudaranya dengan misi menyebarkan Islam hingga ke Alor.

Saat itu, kitab suci ini dibawa pada masa Kesultanan Babullah V oleh kelima bersaudara dari Ternate dengan menggunakan perahu layar yang menurut riwayat bernama Tuma Ninah yang berarti `Berhenti/Singgah Sebentar‘.

Alquran  ini tersimpan di rumah pondok sekitar tahun 1982, kata Arifin.  Lalu terjadi kebakaran besar yang melanda rumah pondok tersebut sehingga menghanguskan seluruh bandan dan isi rumah termasuk semua benda peninggalan Ia Gogo yang dibawa dari Ternate. “Anehnya Alquran tertua ini tidak terbakar dan hingga saat ini masih tetap terawat dengan utuh oleh ahli warisnya”.

REPUBLIKA

Subhaanallah🙂

Sumber: ant/reuters

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s