Muhammad Ali Jinnah Bapak Pakistan

Jasa Muhammad Ali Jinnah patut dicatat dalam lembaran salah satu tokoh pembuat sejarah dunia!

(Pakistan, 1876 M – Pakistan, 1948 M)

 

Adalah tokoh muslim dari Karachi yang berhasil mendirikan negara Paskitan sebagai negara yang bersimbol Islam. Pada tanggal 14 Agustus 1947, negara Pakistan itu berdiri dengan Ali Jinnah sebagai kepala negaranya. Keluarga dari kalangan pengusaha. Sekalipun sebagai warga Pakistan, namun Ali Jinnah banyak menuntut ilmu di negeri seberang seperti London dan Bombay. Dalam organisasi keagamaan, Ali Jinnah terkenal sebagai aristek pendirian Liga Muslim India tahun 1906 sekaligus pakta Lucknow pada tahun 1916 yaitu perjanjian antara partai kongres nasional India yang mewakili umat Hindu dan Liga Muslim yang mewakili umat Islam, keduanya adalah organisasi terbesar India kala itu.

Dalam statemennya, Ali Jinnah menginginkan adanya negara India agar tidak diperintah oleh umat Islam saja atau umat Hindu saja, namun harus diperintah oleh rakyat India yang terdiri dari Hindu dan Islam. Namun karena umat hindu mayoritas, selalu ada saja pertentangan yang menonjolkan kepentingan masing-masing. Situasi yang lebih menghimpit ketika pada pemilihan umum tahun 1937 yang pada saat itu Liga Muslim tidak mendapat suara yang signifikan dan kondisi ini tidak menguntungkan dalam peta pemerintahan. Namun karena strategi yang jitu dan dinamis, pada pemilu tahun 1946, Liga Muslim mendapat kemenangan yang signifikan.

Kemenangan ini ternyata membawa ekses sosial yang berkepanjangan dengan terjadinya pertumpahan darah yang merenggut pihak Islam dan Hindu di Calcutta yang menewaskan ribuan orang.

Situasi yang mencekam ini justru memunculkan ide untuk memisahkan umat Islam dan umat Hindu dalam negara yang terpisah. Pemisahan itu berupaya untuk membentuk negara muslim yang otonom, yang kemudian lahirlah negara Pakistan. Karena jasa-jasanya yang sangat besar serta berbagai kecakapan yang dimilikinya, Muhammad Ali Jinnah terkenal dengan sebutan Bapak Pakistan. Ali Jinnah wafat pada 11 September 1948 di Karachi. Dalam menjabat kursi pemerintahan, Ali Jinnah dikenal sebagai sosok yang cakap dan memiliki kapabilitas sebagai bapak negara. Kecemerlangan pemkirannya telah dikenal kalangan dunia Islam untuk menjadikannya sebagai salah satu panutan. Selama mendirikan Pakistan tentu bukanlah hal yang mudah perlu perjuangan yang panjang dan melelahkan, Jasa Muhammad Ali Jinnah patut dicatat dalam lembaran salah satu tokoh pembuat sejarah dunia!

.

.

.

.

*beberapa referensi tqar


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s