Ahmad Yassin Pemimpin Spiritual Hamas

Namun syahidnya sang syekh bukan malah mengendurkan semangat jihad rakyat Palestina tapi semangat itu kian membara.

(Al-Haurah, 1938 – Jalur Gazza, 2004)

Dunia Arab mengenalnya sebagai seorang muslim Islam pembela tanah Palestina sekaligus seorang pemimpin spiritual HAMAS, Sekalipun termasuk orang yang cacat secara fisik dan memerintah melalui kursi rodanya, namun popularitasnya diakui oleh dunia. Melalui kursi rodanya, Ahmad Yassin membakar semgangat rakyat Palestina dalam membebaskan diri dari belenggu Israel. Bahkan Israel sangat takut kepadanya. Ahmad Yassin lahir di desa al-Jaurah, jalur Gazza pada tahun 1938. Sejak muda sudah banyak mengikuti aktivitas yang konstruktif termasuk dalam bidang olahraga.

Namun kerena suatu hal, Yassin mengalami kelumpuhan total. Tapi kelumpuhan itu baginya bukan sebuah rintangan dalam menegakkan panji-panji Islam di bumi Palestina. Malahan semangat jihadnya untuk melawan aksi-aksi licik Zionis Israel semakin kuat dan membara. Keluar masuk penjara adalah hal lumrah yang sudah berkali-kali dirasakan Yassin. Kebiadaban ini seorah menjadi menu kehidupan sehari-hari. Berbagai penyiksaan sempat dialaminya pada saat ditangkap oleh Israel, termasuk penyiksaan yang membuat matanya sebelah menjadi tidak berfungsi lagi.

Pada tahun 1983, Yassin dituduh sebagai aktor penyimpan senjata, membentuk organisasi militer serta provokator massa dalam melawan zionis. Tuduhan ini mengakibatkan dihukumnya Yassin oleh mahkamah militer zionis selama 13 tahun. Bahkan pada sebuah kesempatan, kecaman lain yang lebih kejam ditujukan Israel kepada Yassin yang disangka membuanuh tentara Israel, dan melakukan penculikan. Lagi-lagi tuduhan ini mengakibatkan dirinya mendapat hukuman seumur hidup.

Namun berkat kepandaiannya berstrategi, akhirnya Yassin bebas meski dengan berbagai resiko besar yang akan membawa akibat buruk bagi Palestina. Hingga kini baku hantam Palestina dan israel tidak kunjung usai walaupun banyak jalan yang ditempuh oleh PBB mapun dunia Arab untuk mengakhiri pertikaian itu. Pada tanggal 23 Maret 2004, Palestina berduka, sang Syekh, guru teladan sekaligus pemimpin perjuangan rakyat Palestina syahid setelah dirudal oleh tentara israel ketika melakukan shalat shubuh di sebuah masjid di sekitar Jalur Gazza. Namun syahidnya sang syekh bukan malah mengendurkan semangat jihad rakyat Palestina tapi semangat itu kian membara. Bahkan menjadi titik tolah permusuhan dunia Arab dengan Israel hingga saat ini.

.

.

.

.

.

*beberapa referensi tqar

One thought on “Ahmad Yassin Pemimpin Spiritual Hamas”

  1. Subhanallah…, terlebih sekarang antara HAMAS dan FATAH sudah bersatu, dan indonesia mendukung atas rekonsiliasi itu.. zion pasti lagi ketar ketir…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s