Cara jitu mengalahkan Insomnia

Umumnya jika mendengar kata “insomnia” pikiran kita melayang pada susahnya untuk memejamkan mata terlelap untuk tidur, ada beberapa trik yang bisa dilakukan agar kita bisa tidur ketika kita merasa susah untuk tidur! Tentunya dengan tanpa obat-obatan, dan cara ini sudah dicoba sendiri, walaupun ga ngerasa mengidap insomnia!

ilustrasi:funny-city.com

Pada dasarnya manusia membutuhkan sepertiga waktu hidupnya atau sekitar 6-8 jam sehari. Secara alami dan otomatis jika tubuh lelah maka kita akan merasa mengantuk sehingga memaksa tubuh kita untuk beristirahat secara fisik dan mental.

Menurut penelitian, orang yang tidur selama 6,5 sampai 7,5 jam dalam sehari akan memiliki hidup yang lebih panjang dari pada yang tidurnya hanya memakan waktu kurang dari 6,5 jam atau lebih dari 8 jam perhari.

Apa sih tidur itu?

Tidur adalah merupakan suatu kondisi istirahat alami yang dialami oleh manusia dan hewan-hewan lainnya yang sangat penting untuk kesehatan.

Bagaimanakah tahapannya?

  • Awal
  • Non rapid eyes movement (non-rem)
  • Rapid Eyes Movement (rem)
  • Dream Sleep

Lalu apa gunanya kita tidur cukup?

  • Regenerasi sel-sel tubuh yang rusak menjadi baru.
  • Memperlancar produksi hormon pertumbuhan tubuh.
  • Mengistirahatkan tubuh yang letih akibat aktivitas seharian.
  • Meningkatkan kekebalan tubuh kita dari serangan penyakit.
  • Menambah konsentrasi dan kemampuan fisik.

Lalu apakah Insomnia itu?

Insomnia adalah suatu gangguan tidur yang memiliki gejala lesu sepanjang hari karena kekurangan waktu tidur. Umumnya penderita insomnia akan sulit tidur jika terbangun di malam hari.

Bagaimana seseorang bisa terkena insomnia?

  • Faktor fisik seperti karena sedang sakit pilek, asma, sinus, dan lain-lain.
  • Faktor lingkungan yaitu seperti adanya aroma tidak sedap, polusi suara yang bising, asap, lingkungan sosial yang sedang tidak aman.
  • Faktor gaya hidup tidak sehat seperti akibat rokok, minuman keras, obat kuat, dsb.
  • Faktor psikologis yaitu seperti stres yang terus-menerus.
  • Faktor prikiatris akibat rasa depresi yang dialami seseorang.

Insomnia sendiri ada 3 jenis:

  • Insomnia transient yang bersifat sementara
  • Insomnia jangka pendek yang dapat berlangsung selama beberapa minggu
  • Insomnia kronis yang dapat diderita selama lebih dari tiga minggu

Berikut ini beberapa cara untuk menghindari Insomnia

  • Menjalani pola hidup sehat misalnya tidak merokok, tidak begadang, tidak memakai narkoba, tidak minum alkohol, dll.
  • Memiliki jadwal tidur yang cukup dan normal.
  • Memilih lingkungan yang tenang, sehat dan nyaman untuk tidur.
  • Berolaraga secara rutin dan teratur.
  • Makan secara teratur, sehat dan cukup agar selama tidur tidak lapar.
  • Hindari minum terlalu banyak minuman yang mengandung kafein seperti kopi, coklat, teh, dsb.

Masih tidak berhasil dengan cara di atas ?

Umumnya jika mendengar kata “insomnia” pikiran kita melayang pada susahnya untuk memejamkan mata terlelap untuk tidur, ada beberapa trik yang bisa dilakukan agar kita bisa tidur ketika kita merasa susah untuk tidur! Tentunya dengan tanpa obat-obatan, dan cara ini sudah sy coba sendiri, walaupun sy merasa engga mengidap insomnia!

  • Ya, merasalah tidak mengidap insomnia, karena pikiran bisa mempengaruhi tindakan (behavior) kita.
  • Pusatkan pikiran bahwa kita akan tidur, karena susah tidur terkadang disebabkan oleh pikiran kita yang masih berada di meja kerja, atau di tempat yang tidak ada hubungannya dengan tempat tidur.
  • Bacalah doa ketika di awal kita akan tidur.
  • Jika kita telah berada di tempat tidur, dan tidak kunjung tidur selama kurang lebih 1 jam, maka jangan paksakan untuk tidur, duduk-duduk atau jalan-jalan disekitar ruangan, jangan memaksa diri melakukan aktivitas berat, engga ada salahnya ambil air wudhu, shalat 2 rakaat, Insya Allah menenangkan pikiran kita. Sy menyarankan ini bukan berarti sy so alim, hanya sj kebetulan karena mendengar saran ini dari para ustadz, hehe…ga ada salahnya kan kebaikan ditularkan…
  • Kemudian, cobalah lagi untuk tidur, dan kemungkinan kita fokuskan lagi pikiran kita untuk tidur, jika masih sulit, ini seperti yang dikemukakan di atas, otak kita mungkin kurang oksigen, cobalah tarik nafas dalam-dalam melalui hidung dan keluarkan lewat mulut, secara pelan, halus tanpa suara. Sy sarankan lakukan tarik nafas ini sepanjang mungkin agar asupan oksigen lebih banyak, sembari berbaring, meluruskan badan kita dan memegang pinggul dengan kedua tangan. Dan juga sy sarankan lakukan sebanyak 6 x.
  • Sweet dream…. By tqar🙂

.

.

.

.

.

berbagai sumber

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s