Terlihatlah tua pada waktunya!

Siapa sih yang ga ingin awet muda? Walau umur terus bertambah menjadi tua bukanlah sesuatu yang dicita-citakan. Kulit keriput dan ciri-ciri penuaan lainnya merupakan hal yang sebisa mungkin dihindari, karena memang sudah fitrahnya manusia seperti itu. Namun, walau menjadi tua adalah hal yang sangat manusiawi, lumrah dan wajar. Hanya saja, jika di usia muda belia, namun yang terlihat seperti orang yang sudah berumur, nah tentu ini yang benar-benar harus kita hindari.

Ilustrasi beberapa penyebab penuaan dini

Penuaan kulit kerap ditentukan oleh kesehatan dan gaya hidup yang kita lakukan setiap hari.nya Membuat pilihan yang tidak cepat akan menyebabkan penuaan kulit datang lebih awal dan ini akan membuat kita lebih cepat terlihat tua. Berikut adalah 7 kebiasaan yang memiliki kontribusi besar terhadap penuaan kulit:

  1. Asap Rokok : Apakah Anda merokok, atau Anda menghabiskan waktu dengan perokok? Asap rokok akan merusak dan menimbulkan penuaan dini terhadap kulit Anda. Penelitian menunjukkan bahwa menghisap rokok akan secara signifikan membuat kulit keriput dan kering. Pasalnya, merokok dan asap rokok akan menghabiskan kandungan Vitamin C yang merupakan nutrisi utama untuk menjaga kulit tetap lembab. Beberapa peneliti percaya bahwa asap rokok (baik Anda merokok atau tidak) mampu merusak kulit seperti layaknya terpanggang sinar ultraviolet dari matahari.
  2. Sinar Matahari : Terlalu sering terjemur sinar matahari akan menyebabkan penuaan pada kulit. Kulit yang tidak terlindungi dengan baik saat terkena sinar matahari akan mudah timbul bintik hitam/flek. Bintik hitam ini awalnya berwarna coklat, semakin lama sering terpapar matahari maka warnanya akan semakin gelap, perubahan penampilan kulit, kering kasar, dan keriput serta kendur. Risiko kanker kulit juga meningkat secara signifikan. Kabar baiknya, kerusakan akibat sinar matahari dapat dihindari jika Anda mulai dari sekarang. Anda juga dapat memperbaiki kondisi kulit yang rusak akibat matahari.
  3. Kurang Olahraga : Olahraga akan membantu meregangkan otot dan memperlancar peredaran darah. Karenanya, olahraga harus menjadi bagian penting dari setiap program perawatan kulit anti-penuaan.
    Selain manfaat fisik dari olahraga, fungsi dari program latihan secara rutin akan tampak pada wajah Anda. Selalu tersenyum cerah dengan banyak energi akan membantu Anda terlihat dan merasa lebih muda.
  4. Cuaca Dingin : Angin dingin dan suhu rendah menyebabkan penuaan kulit dengan cara membuat kulit menjadi kering. Jadi, jika Anda berada pada suhu dingin, pastikan menggunakan pelembab yang baik. Jangan lupa untuk menggunakan pelembab saat berada dalam ruangan berpendingin udara. Pertimbangkan untuk menggunakan humidifier (alat pelembab udara) untuk menjaga kulit Anda tetap nyaman dan mengurangi efek penuaan pada kulit.
  5. Alkohol : Alkohol memberikan kontribusi besar terhadap penuaan kulit dengan cara melebarkan pembuluh darah kecil di kulit dan meningkatkan aliran darah di permukaan kulit. Seiring waktu, pembuluh darah dapat menjadi rusak secara permanen, menciptakan kesan merah pada permukaan kulit.
  6. Stress : Mungkin Anda pernah mendengar ungkapan: “Jangan cemberut, wajah Anda bisa tetap seperti itu.” Stres dapat menyebabkan kening mengerut, dan makin lama otot-otot di wajah akan membentuk garis kerutan. Untuk membantu mengurangi penuaan kulit akibat stres, Anda harus menyadari tingkat stres dan mencoba untuk mengekspresikan wajah bervariasi sepanjang hari. Sebuah program perawatan kulit anti aging harus mencakup meditasi, yoga, olahraga ringan atau teknik relaksasi lainnya. Pantau terus tingkat stres untuk meminimalisir kerutan dan penuaan kulit agar Anda terlihat dan merasa lebih muda.
  7. Kurang Tidur : Tidur terlalu sedikit akan membuat kita terlihat dan merasa lelah. Salah satu bagian tubuh yang akan menunjukkan kalau Anda kurang tidur adalah wajah, dengan lingkaran hitam di bawah mata, dan kulit kendur. Kurang tidur juga merupakan faktor utama yang membuat orang mudah lupa dan akan mengalami gejala depresi. Penelitian telah menunjukkan bahwa kebanyakan orang dewasa akan mendapatkan fungsi terbaik dengan cara tidur 8-9 jam setiap malam. Kurangi kafein di siang hari (dengan tidak sama sekali pada sore dan malam hari), menghindari makan minimal 2 jam sebelum tidur, dan tidur dengan kualitas yang cukup. Jika Anda mengalami kesulitan tidur, karena alasan apapun, penting untuk berkonsultasi dengan konsultan kesehatan Anda.

Jangan sampai yaa, wajah kita terlihat tua belum pada saatnya 🙂

.

.

.

.

.

berbagai sumber

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s