Tips Aman Sebelum Latihan Angkat Beban

an ilustration

Berolahraga memang membuat badan kita lebih sehat dan bugar. Olahraga membantu meningkatkan metabolisme dalam tubuh sehingga tubuh kita terlihat fresh dan segar. Latihan beban adalah salah satu jenis olahraga. Jika kita seorang yang takut cidera saat latihan beban. .

Memang bagi orang awan latihan ankat beban terlihat sederhana, namun jika engga paham ilmunya kemungkinan cedera tertentu bisa menimpa.

Jadi ada beberapa hal yg musti kita pahami sebelum melakukan latihan ini, sehingga menjadi aman dan menyehatkan tentunya!😀

1. Undang instruktur (pemandu)

Sangat penting untuk mengetahui gerakan-gerakan yang benar saat latihan angkat beban. Terutama bagi pemula, ada baiknya jika kita menggunakan jasa instruktur fitnes saat pertama kali melakukan olahraga ini, sehingga resiko cidera kecil. Hal ini bisa diungkapkan pula saat kita berada di tempat fitness.

2. Latihan tiga kali seminggu

Untuk pemula, mulailah dengan rajin latihan kekuatan minimal tiga kali seminggu. Lakukan secara berselang-seling; misalnya setiap Selasa, Kamis, dan Sabtu. Atau Senin, Rabu, dan Jumat. sehingga akan lebih mudah meningkatkan metabolisme tubuh dibandingkan melakukannya tiga hari berturut-turut. Selain itu juga meluangkan waktu bagi tubuh untuk kembali pulih setelah berolahraga. Jangan kita porsil untuk melakukan aktivitas lainnya, terkadang bisa membuat badan kita drop

3. Tentukan pengulangan dan durasi

Latihan angkat beban harus berlangsung selama 20 menit setiap satu sesinya, dengan target pembentukan dua otot. Sebagai contoh, jika ingin fokus pada pembentukan dada dan kaki, kita bisa melakukan dua gerakan seperti angkat barbel pada dada, diikuti dengan angkat barbel berjongkok. Latihan dengan cara ini dimaksudkan untuk menggerakkan salah satu otot, sementara otot lain beristirahat.

Manfaatkan tiga gerakan yang berbeda untuk setiap kelompok otot, dengan 15 kali pengulangan pada masing-masing gerakan. Sehingga lebih efektif dalam pembentukan otot.

4. Buat program latihan

Program angkat beban kita harus bekerja pada seluruh otot tubuh pada akhir minggu. Misalnya, Senin untuk melatih otot dada, kaki dan perut. Rabu gunakan untuk membentuk otot punggung, trisep dan punggung bagian bawah. Jumat, targetkan latihan pada bahu, bisep dan betis. Atau kita bisa melakukan satu gerakan yang bisa melatih semua otot sehingga kita bisa melakukan itu diakhir bulan.

5. Pemulihan

Yang terakhir ini cukup penting, pastikan tubuh kita mendapat cukup nutrisi dan istirahat untuk memperbaiki dan memulihkan jaringan otot yang kita latih. Banyak minum air putih dan nutrisi yang baik akan mengurangi rasa pegal atau sakit pada otot setelah berolahraga. Tidurlah yang cukup, sehingga tidak terjadi dehidrasi dalam tubuh kita.

Semoga 5 panduan diatas bisa membantu Anda untuk hidup yang sehat dan otot Anda bisa terlatih dengan baik. Semoga bermanfaat

.

.

.

.

Sumber: TDWClub.com.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s