Pegang setir kelas pemula

Kali ini sy ingin share pengalaman ketika belajar jadi driver, mudah-mudahan bahan ini bisa menjadi gambaran bagi rekan sekalian yang akan melakukan hal serupa, baik ditemani instuktur yang sudah pro atau kerabat, sodara, orang tua, pacar atau sohib anda sendiri. Namun sebaiknya lebih mantap belajar dari yang sudah ahli alias profesional, selain sudah menjadi profesinya, mereka juga sudah terlatih menghadapi berbagai jenis dan watak calon driver, sehingga ajarannya lebih maksimal dan aman tentunya.

—00—-


Seperti halnya sekolah, kali ini mobil dan kursi pengemudi menjadi kelas untuk belajar, papan tulis berwujud arena jalanan, diselingi salipan motor dan kendaran lain. Namun sebelum kelas dimulai, wajib hukumnya memasang safety belt. Kemudian step berikutnya, “ignition” alias menyalakan mobil. Namun, sebelumnya kita harus memahami kontrol dasar dari setiap fitur/instrumen dalam mobil, seperti paham posisi perseneling baik ketika dalam posisi normal atau masuk gigi, fungsi kopling, cara menggunakan lampu sen dan lampu hazard, menggunakan lampu utama dan lampu jarak jauh, menjalankan wiper untuk mengatasi hujan, dan sebagainya, atau singkat kata mengerti cara menghidupkan dan mematikan mesin, dan jangan segan bertanya jika ada yang kurang paham.

“Hari pertama, merupakan latihan menggunakan perasaan, kata sang instruktur. Kalimat itu kemungkinan keluar sebagai respon apabila kemudi mesin mobil yang kita jalankan kurang berjalan dengan “halus-mulus,” baik dari mulai menjalankan mobil, perpindahan gigi yang ternyata harus seimbang antara gas dan kopling atau bahkan etika ketika kita mengemudi berkaitan dengan aturan dasar mengemudi. Ada banyak aturan dasar tapi paling tidak kita paham tentang penggunaan jalur kiri dan kanan, etika dalam mendahului, dan arti rambu-rambu lalu lintas yang ada, dan semua itu ternyata berujung pada “perasaan”.😀

Jangan segan berlatih menggunakan klakson jika situasi di depan kita agak janggal🙂

Tips #1 :

  • Jangan tegang ketika mengendalikan setir mobil, buatlah sehalus mungkin saat berbelok arah atau saat menyalip, tak lupa relaks, dan fokus pada fungsi kedua kaki kita, baik fungsi kopling, rem atau gas.
  • Mulai membiasakan melihat kaca spion kiri dan kanan, serta sering-seringlah menggunakan sen.
  • Pahami betul cara perpindahan gigi dan cara mengerem yang halus.

dan untuk hari2 berikutnya tinggal melancarkan saja, dan lebih mempertajam insting mengemudi serta memahami peraturan dijalan dan berlatih berkomunikasi dengan pengemudi lain

.

.

.

Related Post :

Pegang setir kelas pemula
10 tips membeli mobil baru di dealer!
Jenis bensin apa yang terbaik untuk kendaraan kita?
Mengenal bagian2 mesin mobil [Ex; Avanzato]
Tips sederhana merawat ban kendaraan kita.
Trik mengemudi saat tanjakan
Cara mengerem mobil dengan halus
Waspada! mengemudi saat hujan.
Tips aman dan santun berkendara mobil saat macet!
Periode tepat ganti oli mobil kita.
Tips pintar mengemudi di jalan tol!
Tips berkendara agar hemat bensin (BBM)
Tindakan saat mobil/kendaraan mengalami overheating!
Apa yg harus dilakukan setelah kendaraan melewati banjir dan mobil mati.

 

.
.
.
.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s