Hasil akhir Indonesia VS Malaysia UPDATE Sea Games 2011

GBK 17/Nov/2011. SCORE UPDATE

Upadate Skor:

Babak Pertama :

Indonesia vs Malaysia :   0 – 1 (Syahrul Ibrahim 18)

Babak kedua : –

Skor akhir: Indonesia vs Malaysia :   0 – 1

.

,

Kecewa bukan dikarenakan skor, tapi permainan yang kurang (tidak) maksimal.

Garuda Muda Akhirnya Menyerah di Tangan Malaysia 0-1

Kamis, 17 November 2011 21:13 WIB

Timnas U-23 akhirnya takluk di tangan Malaysia dengan skor 0-1REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Timnas Indonesia harus menyerah dari Malaysia 0-1 pada pertandingan terakhir Grup A SEA Games 2011 di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Kamis malam. Gol Malaysia dicetak oleh Ibrahim Syahrul Azwani menit 17. Dengan hasil ini Indonesia harus menyerahkan puncak klasemen Grup A kepada Malaysia dengan 12 poin.

Sedangkan Indonesia berada di posisi dua dengan sembilan poin. Rotasi besar-besaran yang dilakukan oleh Rahmad Darmawan mengubah cara bermain timnas U-23 yang biasa langsung menekan kini sedikit menurun.

Kondisi itu langsung dimanfaatkan oleh Malaysia untuk menyerang bahkan langsung menusuk kepertahanan akhir alias penjaga gawang. Yongky Aribowo dan kawan-kawan yang didukung puluhan ribu suporter berusaha bangkit dari tekanan.

Sayup-sayup lagu dukungan terus berkumandang. Namun yang terjadi, gawang Indonesia malah kebobolan lewat serangan balik cepat Malaysia lewat kaki Ibrahim Syahrul Azwari menit 17. Tertinggal 0-1 timnas U-23 kembali menekan. Hanya saja, upaya itu selalu kandas.

Bahkan Malaysia yang membutuhkan kemenangan agar aman lolos ke semifinal terus memborbardir pertahanan Indonesia yang dikawal Andritany Ardiyasa. Terus tertekan membuat Rahmad Darmawan berdiri dari tempat duduknya untuk memberikan arahan.

Namun, upaya yang dilakukan pelatih belum membuahkan hasil karena serangan yang dibangun sering dipatahkan lawan. Kondisi 0-1 terjadi hingga babak pertama usai. Memasuki babak kedua tim Garuda Muda langsung menggebrak. Peluang pertama didapat Titus Bonai.

Hanya saja sontekan dari pemain asal Papua itu melenceng tipis disisi kiri gawang Malaysia yang dikawal Che Mat Khairul Fahmi. Peluang kembali terjadi pada menit 6. Hanya saja tendangan Ferdinan Sinaga yang berdiri bebas tidak memenuhi sasaran.

Itupun terjadi pada Titus Bonai tinggal berhadapan dengan penjaga gawang Malaysia, namun sepakannya masih melenceng tipis di sisi gawang. Malaysia-pun tidak tinggal diam.

Tim Harimau Malaya Muda itu juga sesekali melakukan tusukan tajam kepertahanan Indonesia. Kondisi itu membuat tempo permainan sehingga wasit sering mengeluarkan kartu kuning baik untuk pemain tuan rumah maupun Malaysia.

Selain itu akibat terlalu keras memprotes keputusan wasit, pelatih Malaysia Ong Kim Swee terpaksa harus diusir dari bangku pemain cadangan. Kondisi itu dimanfaatkan Rahmad Darmawan untuk merombak pemain dengan memasukkan Oktovianus Maniani.

Beberapa peluang langsung didapat. Hanya saja penyelesaian akhir yang dilakukan belum sempurna. Asyik menyerang membuat pertahanan Garuda Muda melemah. Kondisi itu dimanfaatkan dengan baik oleh Malaysia untuk melakukan serangan balik. Namun upaya itu masih dibisa ditahan.

Mamasuki menit 40, Malaysia bertahan penuh sehingga membuat kesulitan anak asuh Rahmad Darmawan untuk menyerang. Sebetulnya upaya menyamakan kedudukan terus dilakukan, hanya saja hingga wasit Fahad Alkassar meniup peluit panjang tanda pertandingan usai kedudukan tetap 0-1 untuk Malaysia.

Susunan pemain Indonesia : Andritany Ardiyasa (gk), Seftia Hadi/Diego Michiels (KK), Yericho Christiantoko, Mahardiga Lasut/Egi Melgiansyah, Yongky Aribowo (C), Ramdani Lestaluhu (KK), Gunawan Dwi Cahyo, Lucas Mandowen/Oktovianus Maniani, Ferdinan Sinaga (KK), Titus Bonai dan Hendro Siswanto.

Sedangkan Malaysia : Che Mat Khairul Fahmi (gk), Jasuli Mahali, Mohd Shas Mohamad Fadhli, Omar Mohd Asraruddin, Fazail Mohd Irfan/Kandasamy Gurusamy, Bakhtiar Baddrol (c), Ramlan Izzaq Faris (KK), Othman Mohamd Fandi, Wan Zakaria Wan Zaharul/Ibrahim Syahrul Azwari, Mansor Muhd Nazmi Faiz/Saarani Ahmad Fakri dan Ahmad Mohamad Muslim.

.

RD Harap Garuda Muda tak Terpukul Usai Ditaklukan Malaysia 0-1

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Pelatih Tim Nasional U-23 Sepak Bola Indonesia, Rahmad Darmawan, berharap kekalahan tim ‘Garuda Muda’ dari tim Malaysia 0-1 tidak dijadikan sebagai sebuah pukulan sehingga mematahkan semangat, tetapi harus kembali bangkit menghadapi pertandingan semifinal melawan Vietnam di Stadion Gelora Bung Karno, Sabtu (19/11) mendatang.

“Sebagai pelatih saya berharap bahwa kekalahan ini bukan merupakan pukulan mereka untuk jatuh tetapi kembali bangun untuk babak semifinal nanti. Saya akan terus memotivasi mereka,” kata Rahmad saat jumpa pers setelah pertandingan usai, Kamis (17/11) malam.

Menurut Rahmad, secara keseluruhan timnas Indonesia sudah bermain maksimal namun pada babak kedua tidak dapat memanfaatkan peluang yang sudah diciptakan, sehingga timnas Indonesia harus mengakui keunggulan Malaysia dengan skor 0-1.

“Saya akui pada babak pertama mereka bermain buruk, sedangkan pada babak kedua mereka bermain cukup bagus namun tidak memanfaatkan peluang untuk menciptakan gol,” ujar Rahmad.

Pada babak pertama, kata Rahmad, anak asuhnya kurang melakukan organisasi permainan yang baik. Sedangkan pada babak kedua, Yongky Ariwibowo dan kawan-kawan mulai mengendalikan permainan, menciptakan peluang dan melakukan variasi permainan.

Rahmad juga mengakui bahwa Malaysia dapat memanfaatkan peluang yang sangat bagus sehingga pada babak pertama menjadi kecolongan satu gol yang diciptakan oleh pemain Malaysia bernomor punggung 18, Ibrahim Syahrul Azwari.

Pada pertandingan babak penyisihan terakhir melawan Malaysia, beberapa pemain inti timnas U-23 tidak diturunkan seperti Patrich Wanggai. Sedangkan Octovianus Maniani dan Egi Melgiansyah diturunkan pada babak kedua.

“Pemain yang tidak bermain merupakan proses rotasi yang harus saya lakukan untuk mempersiapkan pertandingan ke depan. Pertandingan hari ini penting tetapi pertandingan pada 19 November nanti jauh lebih penting,” tegas Rahmad.

Ia berharap kekecewaan saat ini dapat terbayarkan pada pertandingan semifinal antara timnas Indonesia melawan Vietnam, Sabtu (19/11).

5 thoughts on “Hasil akhir Indonesia VS Malaysia UPDATE Sea Games 2011”

  1. mencadangkan tim inti dan memainkan yongki ariwibowo adalah 2 kputusan terbaik sehingga ktlagi2 dipecundangi malaysia “DIKANDANG”.selamat.AYO INDONESIA BISA (BISAnya kalah mulu ma malaysia).

  2. mencadangkan tim inti dan memainkan yongki ariwibowo adalah 2 kputusan terbaik sehingga kt lagi2 dipecundangi malaysia “DIKANDANG”.selamat.AYO INDONESIA BISA (BISAnya kalah mulu ma malaysia).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s