Cara membuat SIM A dan SIM C di Polres Karawang

Untuk membuat SIM di karawang sebenarnya sangat mudah dan biayanya pun tergolong terjangkau, mungkin yang terbilang mahal ialah jika kita tidak mempunyai waktu, pengetahuan dasar lalu lintas dan keterampilan mengemudi serta tentunya kejujuran dan cenderung ingin “menyuap” oknum terkait dalam membuat SIM. (hari gini…. :p). Dibalik semua pelayanan publik ini khususnya dalam hal pembuatan SIM, saya pribadi mengacungkan jempol atas segala kinerja dan pelayanan yang non-ribed, cepat, tegas dan ramah dari para petugas di PolresKarawang khususnya. Hanya sedikit kritik, mohon ditambah topi depan gedung.😀 .. Lanjuut!

Prosedurnya sederhana kok, prinsipnya datang, daftar, ujian dan tralaaaaaaa jadi deh sim kita hari itu juga (kalau lulus ya :D). Dalam hal biaya, tarif yang akan dijelaskan berlaku pada saat pembuatan SIM A sy pribadi, berlangsung di bulan oktober 2011.

Tahap 1  [Medical Check up]

Sangat dianjurkan kita mempersiapkan waktu seharian penuh untuk pembuatan SIM ini, dan datang lebih awal. Pukul 8 kurang 10 menit sangat pas untuk memulai. Dan mulai mendaftarkan diri di bagian kesehatan. Lokasinya berada di luar area Polres, lebih tepat beberapa puluh meter sebelah kiri dari depan gerbang masuk Polres. Di tahap ini kita diperiksa berat badannya, tinggi badan, tekanan darah, nadi dan buta warna kah? oleh seorang dokter yang mungkin bernama Dr. Tyna Isnawati😀. Serta wajib memberikan fotokopi KTP sebanyak 2 lembar dan membayar cek kesehatan sebesar Rp. 15.000. Kemudian kita akan menerima satu lembar kesehatan yang kemudian berlanjut ke tahap kedua, masuk ke area polres bagian belakang di gedung satu atap pelayanan SIM Polres Karawang. (mantap) Lokasi dari gerbang utama lurus terus, kira2 100 meteran. Ingat ya! lurus terus saja, tengok sebelah kiri, ada gedung 2 tingkat. Berpakaianlah yang rapih, menggunakan sepatu lebih baik, karena terkadang petugas menegur bagi sesiapa yang berpakain kurang sopan.

Tahap 2 [Registrasi]

Lokasi pendaftaran berada di lantai dua, serahkan lembar kesehatan ke petugas depan, kita akan menerima map dan nomor tunggu yang kemudian map tersebut kita serahkan ke loket registrasi. Duduk manis di kursi sebelah kiri sambil nonton tv flat dengan siaran mancanegara (o iya, duduk di kanan biasanya panas, ga ada topi gedung yang menghalangi panas matahari dari atah timur) kemudian siap2 dipanggil untuk mengikuti tahap berikutnya. Nah, coba tengok kanan kiri, cari harga pembuatan SIM nya, waktu itu biaya untuk pembuatan SIM A ialah Rp. 120.000 sedangkan untuk SIM C ialah Rp. 80.000 (kalo ga salah inget ya) atau SIM jenis lainnya seperti SIM B, SIM Umum, dst.

Tahap 3 [Ujian Teori]

Kita akan dipanggil pergelombang, biasanya dalam satu gelombang diikuti oleh 15 orang untuk bersama-sama mengikuti ujian teori. Teknis ujian sudah modern, soal ditampilkan lewat layar dengan sinar infocus, tiap soal dikerjakan bersamaan dengan perserta lainnya dengan waktu pengerjaan yang telah ditentukan serta kita tinggal menekan tombol jawaban yang dianggap paling tepat, kemudian hasil anda lulus atau tidak langsung diperlihatkan automatis beberapa detik setelah semua soal dikerjakan sesuai dengan nomor kursi yang kita duduki :mantap!

Penjelasan teknis ujian praktek oleh salah satu petugas Polres Karawang 2011

Mengenai berapa dan apa soalnya, alami sendiri saja ya, biar seruan dikit, karena ujian ini ga bisa juga dianggap sepele, ternyata dari 15 orang yang ikut ujian waktu itu, hanya 2 orang yang dinyatakan lulus, sisanya harus mengulang dilain waktu dan hari. Sedikit menarik kesimpulan mengenai jenis soal, ternyata berkutik diantara peraturan lalu lintas dan etika berlalulintas, yang kemungkinan bermakna dan menyiratkan sebuah pesan bagi para pengemudi baru untuk senantiasa memahami & mematuhi peraturan dan etika ketika di jalan demi keselamatan pribadi dan orang lain. Penting kan!?

Tahap 3 [Ujian Praktik]

Jika lulus di tahap ujian teori, maka kita akan diarahkan menuju area ujian praktik. Dengan area yang cukup luas, dan fasilitas yang mantap, kita kemudian menunggu lagi untuk mendapat giliran praktik perorangan. Baik SIM A atau SIM C telah disediakan kendaraannya, yakni mobil (jenis minibus Grandm*ax dan motor bebek merk Yam*ha). Ujian ini hanya diberi kesempatan 1 kali dan harus diselesaikan secara sempurna, satu kesalahan berakibat harus diulang dilain hari. Banyak yang sudah terbiasa berkendara pun gagal dalam tahap ini, sebab musabab mental dan rasa grogi, bahkan ada yg beralasan belum paham karakter mobil yang digunakan. Maka disarankan sebelum ujian bersikaplah wajar dan santai, tidak usah rusuh dan panik (teorinya😀 ). Oh iya, tentunya tata cara ujian akan dijelaskan oleh petugas.

Penjelasan tata cara ujian oleh petugas
Suasana latihan sebelum ujian praktik SIM C karawang

Tiap peserta diberikan kesempatan untuk menggunakan kendaraan sendiri, tapi apakah ini jebakan? padahal kan yang mau ujian jelas2 ga punya SIM ? lah kok? (mungkin diantar sama yang udah punya sim🙂 ). Oh iya, jenis ujian praktiknya langsung alamin sendiri aja ya. Mungkin ini hanya gambaran saja untuk menambah rasa percaya diri, coba dilihat jenis “wahana” ujian praktik di gambar-gambar di bawah ini.

Uji rintangan, tanjakan dan parkir ketika membuat SIM A/C

Ikuti semua petunjuk dan hindari kesalahan, lakukan dengan sempurna, jika gagal, ga usah khawatir, masih bisa mengulang di hari berikutnya terus menerus hingga kita berhasil. NEXT. enjoy aja😀

Tahap 4 [Foto-Finishing]

Tahap ini anda akan berada di ruang foto untuk kartu SIM anda, yang harus diingat, konfirmasi nama dan keterangan kita sesuai dengan KTP, jika ada kesalahan tidak bisa diralat, harus diulang lagi dari nol. Dalam tahap ini  kita membayar biaya pembuatan SIM pada loket Pembayaran. Finish, simpan SIM dalam dompet.😀

.

Sebelumnya mohon maaf apabila penjelasaanya kurang, dan ada gambar2 yang kurang berkenan, semua dimaksudkan untuk share pengalaman, semoga bermanfaat, Trimss…. cmiiw😀

.

.

.

Related Post :

Pegang setir kelas pemula
10 tips membeli mobil baru di dealer!
Jenis bensin apa yang terbaik untuk kendaraan kita?
Mengenal bagian2 mesin mobil [Ex; Avanzato]
Tips sederhana merawat ban kendaraan kita.
Trik mengemudi saat tanjakan
Cara mengerem mobil dengan halus
Waspada! mengemudi saat hujan.
Tips aman dan santun berkendara mobil saat macet!
Periode tepat ganti oli mobil kita.
Tips pintar mengemudi di jalan tol!
Tips berkendara agar hemat bensin (BBM)
Tindakan saat mobil/kendaraan mengalami overheating!
Apa yg harus dilakukan setelah kendaraan melewati banjir dan mobil mati

8 thoughts on “Cara membuat SIM A dan SIM C di Polres Karawang”

  1. nice info
    Tapi pagi ini saya kecewa dengan polres karang.
    Jam 09:15 pagi saya datang ke polres karawang untuk pembuatan sim c baru, saat mau daftar petugas bilang sim habis , setelah saya mau pergi samapai depan kanti (rumah makan) ada salah satu petugas dengan seragam polisi lengkap menawari jalur cepat dengan biaya yang tergolong mahal bagi saya. 500 ribu.

    1. pabila benar faktanya demikian,
      semoga artikel ini terbaca oleh pihak bersangkutan agar segera
      mohon evaluasi agar tak terulang dan service berikutnya lebih baik.
      begitupun sebaliknya, semoga allah memberikan rezki halal bagi kita semua. aamiin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s