Tips berkendara agar hemat bensin (BBM)

Kenaikan Minyak dunia sangat berimbas pada kenaikan BBM, sehingga biaya yang harus dikeluarkan untuk berkendara tentu semakin besar. Berikut beberapa tips untuk meminimalkan konsumsi BBM selama berkendara menggunakan mobil :

  • Jika mobil anda bertransmisi manual, jumlah BBM yang mengalir dari tangki BBM ke mesin adalah hasil injakan pedal akselerator (pedal gas) dan keseimbangan pedal kopling. Semakin diinjak, semakin cepat aliran BBM ke mesin. Cobalah meminimalkan injakan pedal akselerator/gas ini dan jangan menekan pedal kopling saat mobil telah stabil berjalan.
  • Ketika menambah kecepatan pada transmisi manual, gantilah transmisi dengan cepat dan sesuai. Atau dengan kata lain, gunakan transmisi setinggi mungkin tetapi dengan tetap menjaga tenaga dari mesin. Jika transmisi yang lebih tinggi membutuhkan injakan pedal gas yang lebih sedikit, maka gantilah ke transmisi yang lebih tinggi atau gantilah ke transmisi yang lebih rendah, ini berlaku terutama jika jalan dalam kondisi menanjak atau mobil sedang membawa beban berat.
  • Minimalkan menginjak pedal rem. Penggunaan rem akan mengkonversi energi kinetik ke dalam energi panas pada piringan rem. Sedangkan energi kinetik mobil sebelumnya berasal dari energi kimia yang dikandung BBM. Sebagai contoh, jika mobil anda melaju menuju sebuah perempatan, sebaiknya gunakan engine break atau hentikan menekan pedal gas jauh sebelum dekat, pindahkan transmisi ke netral dan baru mengerem mobil setelah dekat dengan perempatan.
  • Sewaktu membeli mobil, pilihlah mobil bertransmisi otomatis. Mobil bertransmisi otomatis seharusnya lebih mudah digunakan jika kita ingin menghemat BBM tanpa perlu mengubah kebiasaan mengemudi. Sedangkan boros atau tidaknya konsumsi BBM pada mobil bertransmisi manual lebih banyak tergantung kepada disiplin pengemudinya.
  • Sewaktu membeli mobil, pilihlah mobil yang berwarna terang. Mobil berwarna gelap akan menyerap lebih banyak panas daripada mobil berwarna terang. Akibatnya, AC mobil akan bekerja lebih keras untuk mempernyaman interior mobil.
  • Hindari kemacetan. Kemacetan adalah salah satu sumber utama pemborosan BBM. Kalau perlu pulanglah dari kantor ketika jalanan sudah tidak macet, lebih baik ambil jalan yang agak memutar dari pada macet.
  • Parkirkan mobil di tempat yang teduh. Atau jika tidak dapat menemukan tempat yang teduh, gunakan reflektor cahaya matahari untuk meminimalkan energi panas yang memasuki mobil. Interior mobil yang panas akan membuat kerja AC lebih berat, terutama ketika baru menyalakan mobil.
  • Pilihlah mobil dengan ukuran mesin dan jumlah silinder yang rendah. Kapasitas mesin dan jumlah silinder tidaklah terlalu penting. Mobil bermesin 4 silinder dengan kapasitas 1.3 liter sama fungsinya dengan mobil bermesin 6 silinder berkapasitas 3 liter. Keduanya bisa membawa diri anda ke tujuan anda. Perbedaan terbesarnya hanyalah bahwa mesin mobil berukuran besar umumnya lebih boros BBM daripada mesin mobil berukuran kecil.
  • Cobalah gunakan katalis penghemat bensin (BBM) yang benar-benar sudah teruji efektif dan optimal menghemat bensin. Namun jangan terlalu sering menggunakan aditif, karena akan mengubah susunan kimia bensin, dan lama-lama itu akan berpengaruh buruk pada mesin.
  • Jika membeli mobil, pilihlah mobil baru dengan teknologi terbaru. Teknologi mesin baru biasanya lebih hemat BBM daripada mobil dengan teknologi lama.
  • Jangan terlambat mengganti oli. Semakin lama penggunaan oli, maka daya pelumasannya akan semakin berkurang. Akibatnya lebih banyak BBM yang terkonversi menjadi panas di dalam mesin.
  • Jika nantinya sudah tersedia di Indonesia, pilihlah mobil hibrida. Seperti halnya mobil konvensional, mobil hibrida memiliki mesin pembakaran internal. Tetapi, selain itu, mobil hibrida juga memiliki baterai dan mesin listrik. Atau untuk sekarang ini gunakan mobil yang sudah terbukti hemat BBM.
  • Atau cara yang paling ampuh gunakan motor, sepeda (bike to work) atau kendaraan umum, atau numpang bersama rekan-rekan yang searah.

.

.

.

Related Post :

Pegang setir kelas pemula
10 tips membeli mobil baru di dealer!
Jenis bensin apa yang terbaik untuk kendaraan kita?
Mengenal bagian2 mesin mobil [Ex; Avanzato]
Tips sederhana merawat ban kendaraan kita.
Trik mengemudi saat tanjakan
Cara mengerem mobil dengan halus
Waspada! mengemudi saat hujan.
Tips aman dan santun berkendara mobil saat macet!
Periode tepat ganti oli mobil kita.
Tips pintar mengemudi di jalan tol!
Tips berkendara agar hemat bensin (BBM)
Tindakan saat mobil/kendaraan mengalami overheating!
Apa yg harus dilakukan setelah kendaraan melewati banjir dan mobil mati

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s