Cendikiawan Muslim Dunia

Cendekiawan atau intelektual ialah orang yang menggunakan kecerdasannya untuk bekerja, belajar, membayangkan, mengagas, atau menyoal dan menjawab persoalan tentang berbagai gagasan (Wiki)

Secara umum, terdapat tiga pengertian modern untuk istilah “cendekiawan”, yaitu:

  1. mereka yang amat terlibat dalam ide-ide dan buku-buku.
  2. mereka yang mempunyai keahlian dalam budaya dan seni yang memberikan mereka kewibawaan kebudayaan, dan yang kemudian mempergunakan kewibawaan itu untuk mendiskusikan perkara-perkara lain di khalayak ramai. Golongan ini dipanggil sebagai “intelektual budaya”.
  3. dari segi “Marxisme“, mereka yang tergolong dalam kelas dosen, guru, pengacara, wartawan, dan sebagainya.

Dengan menggali dan mengetahui informasi para cendikiawan muslim ini dapat menjadi sebuah proses introduksi dalam memahami sejarah perkembangan Islam melalui pribadi-pribadi unggul, juga memberi kans dalam membuka cakrawala berpikir kaum muslimin secara komunal. Ribuan tokoh-tokoh kunci dalam Islam yang dapat dijadikan salah satu sumber inspirasi bahkan keteladanan dalam mengarungi kehidupan, baik dari sisi ibadah yang berdimensi jasadiyah maupun ruhaniyah melalui ritual dan pendekatan transedens. Banyak tokoh muslim yang dapat lebih baik, lebih patut, lebih mulia untuk dicontoh (terutama ide atau gagasannya) daripada tokoh sekuler yang tak jarang mengkontaminasi pola pikir dan pola perilaku kaum muslimin dalam jurang penyimpangan. CMIIW 🙂

.

.

This slideshow requires JavaScript.

.
.


<<beberapa tokoh yang dapat sy sajikan dalam blog ini antara lain >>








Silahkan disimak, dan semoga ada manfaatnya,

serta apabila ada kekurangan dan kesalahan penyajian mohon dikritisi …




Leave a comment