Makanan dan minuman yang meningkatkan pertumbuhan tulang, baik dikonsumsi bagi penderita patah tulang

Penyembuhan bagi penderita patah tulang itu membutuhkan kesabaran dan ketelitian dalam kegiatan yang sifatnya ringan monoton membosankan, terlebih jika tingkat mobilisasi menjadi terbatas, susah bergerak. Dan kenapa harus teliti? karena salah gerak dan posisi sedikit saja hasilnya bisa berakibat fatal.

Penyembuhannya bukan dalam hitungan hari, minggu atau bulan, tapi tahunan, walaupun bergantung pada beberapa faktor yang mempengaruhi pertumbuhan tulang tersebut, antara lain utamanya ialah usia dan zat makanan yang dikonsumsi.

Bagi penderita patah tulang, selain obat konvensional yang berisi kandungan unsur kalsium  dll terkait resep dokter, yang dikonsumsi sehari-harinya diperlukan juga asupan zat makanan/minuman  yg alami. Hal tersebut tidak dilakukan sekali dua kali, namun dianjurkan secara konsisten dilakukan setiap hari. Tentu saja dengan porsi yang proporsional, yang jelas, harus paham dan mengerti bahwa penderita patah tulang harus dibedakan dengan orang normal dari segi kontinuitas asupan makanannya. Terutama fokus pada makanan yang mendukung pertumbuhan tulang yang patah sebelumnya, seperti kalsium dan vitamin D.

Kalsium dan vitamin D adalah fondasi penting untuk membuat tulang dan gigi yang kuat. Kalsium mendukung struktur tulang dan gigi, sedangkan vitamin D meningkatkan penyerapan kalsium dan pertumbuhan tulang. :D

Sekilas, kebutuhan tersebut bisa dipenuhi dari asupan makanan/minuman pada gambar ini

Makanan dan minuman yang dimaksud diantaranya ialah:
1. Yoghurt.
Kebanyakan orang mendapatkan vitamin D melalui paparan sinar matahari, tapi makanan tertentu, seperti yoghurt juga kaya dengan vitamin D. Satu cangkir yoghurt bebas lemak cukup untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian Anda.

2. Susu
Delapan ons susu bebas lemak akan menghasilkan 90 kalori. Pilihlah produk susu tanpa lemak yang diperkaya dengan vitamin D untuk mendapatkan manfaat ganda. Seandainya tidak gemar susu murni, bisa juga digantikan produk olahan seperti smothies atau jus buah yang dicampur dengan susu.

3. Keju
Hanya karena keju penuh kalsium tidak berarti Anda perlu makan keju berlebihan. Sebanyak 1,5 ons keju cheddar mengandung lebih dari 30% dari nilai harian kalsium. Kebanyakan keju mengandung sedikit vitamin D namun tidak akan cukup memenuhi kebutuhan kalsium.

4. Ikan Sarden
Ikan sarden ini biasanya dikemas dalam kaleng. Ia memiliki pemenuhan kalsium dan Vitamin D yang cukup tinggi. Rasanya pun gurih bisa ditambahkan di pasta dan salad.

5. Telur
Meskipun telur hanya mengandung 6% vitamin D harian Anda. Jangan memilih hanya bagian putih atau kuning saja karena akan mengurangi kalori. Vitamin D justru terdapat dalam bagian kuning telurnya.

6. Ikan Salmon
Salmon dikenal karena banyak mengandung lemak omega 3 yang baik untuk jantung. Sepotong salmon dengan berat 3 ons sudah memenuhi 100 persen kebutuhan vitamin D Anda

7. Bayam
Tidak suka susu? Bayam akan jadi cara favorit Anda untuk mendapatkan kalsium. Satu cangkir bayam yang dimasak mengandung hampir 25% dari kebutuhan kalsium harian Anda. Bayam diperkaya serat, besi, dan vitamin A.

8. Sereal
Sereal mengandung 25% vitamin D. Ini adalah cara termudah daripada memasak ikan salmon atau mesti berjemur.

9. Ikan Tongkol
Tuna atau lemak ikan lainnya merupakan sumber vitamin D. Tiga ons tuna kaleng mengandung 154 IU, atau sekitar 39% dari dosis harian Anda dari vitamin sinar matahari.

10. Sawi Hijau
Sama seperti bayam, sayuran berdaun hijau ini kaya akan kalsium. Satu cangkir sawi yang dimasak mengandung 25% kalsium untuk kebutuhan harian Anda. Sawi ini mudah diselipkan dalam makanan Anda.

11. Jus jeruk
Segelas jus jeruk segar yang diperas tidak memiliki kalsium atau vitamin D. Penelitian telah menunjukkan bahwa asam askorbat dalam jus jeruk dapat membantu dengan penyerapan kalsium, sehingga Anda akan lebih mungkin mendapatkan manfaat dari minuman ini.

11 bahan tsb di atas sebagian mudah didapat dan sebagian agak mudah didapat dan sum-sum tulang pun diyakini sebagai makanan yang mengandung kalsium tinggi dan patut juga dicoba :D
Mudah2an ada manfaatnya, dan semoga cepat pulih ya. :D

sumber

About these ads

129 thoughts on “Makanan dan minuman yang meningkatkan pertumbuhan tulang, baik dikonsumsi bagi penderita patah tulang”

  1. Makasi infonya..
    Slama nie sy ga gt trlalu byk tau makanan yg boleh,atau tdk boleh bt pnderita patah tulang. Trutama untuk kesehatan tulang.
    Karna sy baru sebulan ini habis operasi karena patang tulang/pecah ditulang bagian paha kiri sy. Dapat 2x operasi lg. 2minggu operasi pertama,kmbali operasi krna infeksi/karna otot/pembuluh darah yg luka akibat tulang pas kcelakaan wktu itu…
    Skrg sy sdh mndingan,bs sdikit bergerak mskipun kmana2 pk tongkat.
    Oya gan,sy mau tanya.. Klo sum-sum kaki/tulang sapi,domba,kambing itu kaya kalsiumnya bener tinggi dibandingi makanan lain sprti ulasan diatas…
    Makasi sebelumnya….:)

    1. Oh iya sebelumnya, tidak ada jenis makanan tertentu yang tidak boleh dikonsumsi saat menderita patah tulang :D Info tsb, sy pahami dari salah seorang dokter bedah tulang di Bandung.
      Untuk sum sum tulang memang diyakini mengandung nutrisi kalsium yang tinggi, bahkan bagi ibu-ibu hamil sangat dianjurkan untuk mengkonsumsinya karena baik bagi pertumbuhan tulang si bayi. Sup sum sum tulang sapi khususnya boleh dibilang lezat untuk sarapan pagi :D, termasuk kikilnya gan.. :D mantep…
      Sabar ya gan.. penyembuhan tulang perlu waktu, pemakaian tongkat hanya sementara, enjoy aja! ;)

  2. :)
    Thanks ya gan…
    Jd semangat hdp lg nie ane..:)
    Sikon/sakit ini terkadang yg membuat stres…
    Tp,dgn crita,pengalamannya..ane jd semangat..
    Tq yak…:)

  3. Saya tgl 1 oktober 2011mengalami kecelakaan, tulang paha kanan saya patah menjadi 3 bagian, sekarang jalan2 pake kreg. Selama ini saya malah menghindari susu, karena saya takut gemuk berat badan saya 75kg dan tinggi badan 168.
    BTW makasih infonya gan,

      1. sampe bulan ini berarti sudah terhitung 7 bulan saya masih dlam proses penyembuhan, bagian patahan tengah yg disambung dengan bagian atas sudah nyambung, cuman kok yg bagian tengah yg disambung ke bagian patahan bawah proses penyambungannya lama ya gan?

        sebagai catatan proses benturan wktu kejadian kecelakaan saya cukup kuat bagian patahan tulang yang bawah terdapat sedikit celah karena bagian tersebut sedikit remuk. sehingga ketika disambung dengan plate and screw masih tampak celah patahan

        dokter yg merawat saya selama ini sudah mengijinkan saya untuk sedikit menggunakan kaki kanan saya menapak dengan hanya diberi beban 10-15kg dan saya masih harus menggunakan 2 tongkat.

        pertanyaan saya apakah memang prosesnya sedemikian lama ya gan.? selama ini saya sudah mempebanyak asupan kalsium dan vit D melalui makanan, susu maupun suplemen (col caltriol, dan Cal Mag D) saya juga memperbanyak mobilitas dengan jalan2 berkeliling lapangan tennis untuk menjaga berat badan saya.

        saya pria usia 27th.

        terimakasih atas pencerahanya Gan. mohon dijawab yah.
        bagi yang sehat2 aja jagalah dan cintailah tulang2 anda. hahahhahahaha

      2. satuhal yang pasti, proses lamanya penyembuhan patah tulang membutuhkan waktu yang tidak sebentar, itu pun rata-rata berbanding lurus dengan faktor usia, semakin tua umur kita, semakin lama durasi penyembuhannya.
        Apa yang mas Tom kemukakan, sudah terjawab sendiri. memang seperti itu prosesnya dan terbilang disiplin dalam proses penyembuhannya, mulai dari seberapa berat beban yang boleh dibawa, obat yang rutin diminum, olahraga yang teratur dan sedemikian rupa, sehingga pada akhirnya dibtuhkan kesabaran agar segalanya berjalan secara menyenangkan :p “hahahahahah”

  4. uhhhh mkch bgt tu gan info nya,
    jd q bs lgsg prktkn pa yang ada pada penjlasan d atas,

    oy gan…q kdg trsa skt tlg nya klo mw aktvitas, tu emg penyebab kurang klsium pa gk? trsa ngilu juga kl mw d gerakin..
    mksh seblumnya gan,,
    :-C

    1. Setahu sy, kurang lebih rasa ngilu itu merupakan respon dari saraf yang terganggu. Mungkin dalam hal ini, pada bagian luka trauma masih dalam proses penyembuhan. Namun, alangkah baiknya tidak ragu2 untuk memeriksa kondisi (rontgen) serta berkonsultasi dengan dokter, terlebih jika rasa ngilu terasa rutin dan atau berlebihan sakitnya. cmiiw :D

  5. Ralat :
    Sy sekarang dalam masa pemulihan usia sy 27 tahun,tepat tanggal 1 september 2011.sy mengalami kecelakaan motor akibatnya paha kaki kanan patah terbuka,pundhak kanan dan ujung jari kelingking patah,Alhamdulillah setelah 2 bulan jari dan pundhak sudah bisa digerakkan.
    Sy menjalani pengobatan alternatif lokasi di Baros Serang Banten.Notabene tempat terkenal ahli pengobatan ahli patah tulang yg telah mengantongi izin dari Depkes.
    Setelah kejadian,sy langsung minta di antar yg nyerempet ke Baros aja,padahal sy tidak tahu tempatnya,di fikiran sy hanya pengen dibawa kesana.
    Sesampainya disana sy langsung ditangani dokter klinik,biarpun pengobatan Alternatif secara islami,disana bekerja sama dengan ilmu kedokteran untuk menangani luka robek,akhirnya luka dijari dan luka robek akibat tulang keluar dijahit setelah tulang yg keluar dimasukin kedalam daging dengan telapak kaki ditarik.setelah penanganan dokter,paha kaki dipasang 4 kayu (seperti di gips dlm kedokteran) disekitar paha sampai betis.Dibaros sy rawat inap 1 bulan,tepat tgl 1 oktober 2011,sy memutuskan pulang biar berobat jalan,selama rawat inap seminggu pertama rasa nyeri ditulang ekor,duduk gak bisa.
    Pas 10 hari udah bisa duduk biarpun hanya beberapa saat.perawatan disana tiap hari di cek perban dan tak lupa pula selalu didoain dgn cara ditangan terapis (Pak haji Jaya)ditempelkan dikaki.itulah kegiatan sehari-hari,pas 10 hari perban dibuka dan dirapihkan,kemudian diperban lagi.Selama 25 hari sy dianjurkan dokter minum obat anti infeksi dll untuk menunjang kesembuahan,Tepat hari ke 25 obat dari dokter stop,sekarang fokus obat khusus kalsium Ossoral 800 mg sampai saat ini sy msh mengkonsumsinya.tepat hari ke 25 pula disarankan terapis beli tongkat/alat bantu jalan untuk belajar jalan,alangkah senangnya sy tp sangat berat sekali kaki dipakai belajar,ternyata 10 hari kemudian sepulang sy dari rawat inap,pada saat dikontrol ternyata tulang sy masih belum ada tanda-tanda nyambung,saat itupula sy jadi takut.seiring berjalan waktu,
    Alhamdulillah sekarang masuk 4 bulan,tulang udah kelihatan perkembangan,tulang udah nyambung dengan terada dengkul kadang gerak sendiri,telapak kaki sudah bisa digerakkan padahal kata terapis tidak boleh digerakkan,selama masuk 2 ke 3 bulan,kaki sering kesemutan dan kaget-kaget terus,selama berobat jalan,sy tinggal hubungi terapis sehingga beliau datang ke rumah,ganti perban dan didoain setiap seminggu sekali sy ingin dikontrol,
    Alhamdulillah tulang ada perkembangan signifikan,kata terapis seminggu lagi mudah2an kuat sehingga bisa belajar jalan agar menjauhi resiko kalau belajar jalan kondisi tulang belum kuat.selama masa pemulihan,sy konsumsi obat khusus kalsium (Ossoral 800 mg) awalnya sebulan pertama konsumsi Hi-Bone 200 mg kemudian ditingkatkan konsumsi Ossoral 800 mg sampai sekarang,ini saran terapis yg notabene terapis dapat masukan dari dokter.Selama itu pula sy sering browsing cari info diinternet ternyata pertumbuhan tulang itu faktor usia juga mempengaruhi.Saat ini sy barengi dengan konsumsi jeruk,singkong dan sayur-sayuran.pantangannya makan daging kambing,ikan laut dan ikan mujaer.nanti takut gatal2 kata terapis.
    Sekian pengalaman sy,mohon bantuan doa biar cepat pulih sedia kala,mudah-mudahan musibah tidak terjadi lagi buat agan-agan semua,Aminnn

    1. Terimakasih buat kang wyznu yang ud share pengalamannya disini, mudah-mudahan senantiasa diberikan kekuatan sabar dan cepat sembuh menuju aktivitas normal sebagaimana yg diharapkan, dan sy mencoba bijak untuk menanggapi penanganan alternatif ini (mungkin termasuk share pengalaman jg).

      Bengkel tulang memang menjadi alternatif tersendiri bagi sebagian orang, bahkan beberapa menyakini penanganannya lebih baik bahkan lebih cepat penyembuhannya. Sebab lain ialah biaya yang relatif terjangkau. Namun jika boleh menyarankan bagi pembaca lain, ada beberapa hal yg wajib dipertimbangkan sebelum memilih pengobatan patah tulang secara alternatif ini, antara lain:

      1. Pahami teknik penanganannya, apakah berbau mistik atau bahkan musryik? karena umumnya, jika kita konsultasikan “bengkel tulang” dengan dokter, umumnya mereka akan bilang “kok masih percaya dukun?”, Namun jangan skeptis dulu, “konon” ada beberapa dokter bahkan merekomendasikan ahli tulang dalam penangannya, terutama jika pasien “deadlock” contoh jika kasusnya berujung amputasi. Jadi,carilah informasi seakurat mungkin, tidak usah terburu2. Walaupun demikian, pengobatan secara medis harus menjadi pilihan pertama, kenapa ? karena patah tulang itu kompleks, bisa sj tidak hanya tulang yg patah, harus ada rasa khawatir thdp komplikasi trauma lainnya, sehingga jika tdk ditangani secara medis, harus ada rasa khawatir thdp komplikasi laiinya, yang bs sj menyebabkan kondisi semakin parah berakibat fatal.

      2. Lebih Cepat ? nanti dulu… dalam hal penyembuhan tulang alternatif, tidak berlaku hukum lebih cepat lebih baik. Tidak ada yg instan dalam recovery patah tulang, selain lama penyembuhan berbading lurus dengan faktor usia, metode “reposition” dari fracture sangat berpengaruh, terutama terhadap hasil akhirnya, apakah sembuh cacat atau sembuh sempurna? Karena apapun itu bentuk reposisinya sang tulang akan otomatis tumbuh dan menyambung! namun lihat hasil akhirnya! Nah disini keunggulan medis, kita bisa meminta jaminan kepastian bentuk tulang seperti semula pasca operasi.

      3. Biaya lebih murah? umumnya yaa… tapi belum tentu! ambil contoh kasus kang wyznu,harus rawat inap se per sekian lama, ada klinik, ada alat-alat pengananan, obat dll.. belum faktor lokasi dan biaya si penunggu, Nah, pada akhirnya jika dikalkulasikan? itu lah bedanya, mungkin lewat medis kita akan kaget di awal saat melihat biaya pengobatan, sedangkan jika dengan cara alternatif kagetnya di akhir :D ditambah dengan perasaan ketidakpastian akan sembuhnya patah tulang dengan sempurna atau malah sembuh cacat.

      Kesimpulan : sepengatahuan sy, prinsip sederhana yg sy tarik sendiri thdp penyembuhan patah tulang, itu berkaitan antara “disposition” (bentuk dan posisi dr patah tulang) dan bagaimana “repositionnya” (di “urut” atau di(pasang) “pen”) dan kemudian dilanjut dengan keg. recovery-nya. Sehingga Pelajari dan pahami “dispotition-nya” dan pilihlah teknik “reposition” yang paling mantap dan pasti!

      Di sisi lain, jika memilih jalur medis jg jgn gegabah, pilihlah dokter yang “mumpuni” (tanya2 dulu), serta selalu berkonsultasi dgn dokter yg kita pilih (haram hukumnya berperasaan segan dan harus rewel) krn penyembuhan tulang bukan perkara SEBENTAR dan MURAH, contoh, tanyakan jenis pen yg akan dipasang (plate/tube) kelemahannya? apakah posisi pemasangan pen akan mengganggu aktivitas kelak? atau hal-hal kecil apapun lainnya yg kita tidak paham atau kita tidak tahu sama sekali. Disini jg sy ingin mengatakan, tanpa mengurangi rasa hormat atas jasa para dokter tulang, SEHARUSNYA PARA DOKTER OTHOPEDI BISA MENJELASKAN “SEGALA” SESUATUNYA DENGAN RAMAH DAN SABAR TERHADAP PASIENNYA, TIDAK TERTUTUP ATAU MALAS MEMBERIKAN PENJELASAN, TERUTAMA DALAM HAL APA SAJA YG HARUS DILAKUKAN PASIEN, GERAKAN APA YG HARUS DAN TIDAK BOLEH DILAKUKAN PASCA OPERASI? ATAU SEGALA KEKURANGAN YANG AKAN TIMBUL KELAK AKIBAT DARI TEKNIK PENANGANANNYAAAA!!!!

  6. misalkan tulang patah tanpa operasi,yg jd pertanyaan’a bgmana proses tulang yg patah bisa rapat kembali tanpa operasi..

  7. saya abis operasi 22 des 2011 di RS Solo bagian yang patah tulang kering dikaki kiri Gan,,….Doakan saya ya…
    seandainya boleh memilih untuk agan-agan semua jngan patah/luka di kaki dech.hhe
    selain lama sembuhnya juga aktivtas jadi nol besar(g bisa apa2in)..yang saya tanyakan masih bolehkah menambah obat(obat piechan shuang/obat dr cina) untuk membantu mengobati luka ini karena abis kontrol saya dikasih dr RS obat untuk antibotik dan permen untuk tulang…dan saya ingin cepat sembuh..dan saya umur 30 thn perkiraan bisa lepas kreg(normal) brp bulan ya trimksih…

  8. Sy habis jatus dr sepeda motor. Kata dokter tidak apa2 tp sampai skrg sy msh belum bisa jalan sdh 3 bln. Saya rontgen ternyata persendian kaki kiri sy retak. apkh benar kaki retak penyembuhannya lebih lama di banding patah tulang ? kira2 solusi yg tepat u penyembuhan nya gmn ? mohon saran

  9. Makasih banyak atas sharing info dan ilmu nya ya, berguna sekali untuk adik saya yang patah tanggannya, salaam buat keluarga.

  10. info yg bgs, thx yaaa.
    aq agak stres akhir2 ini, setelah 2 bln opersai callusx blm tumbuh saking samarx callus yg terlihat pd hsl rongent.
    aq kecelakaan 2 juli 2011 lalu, antebrachi dextra, berobat alternatif tp g ada kemajuan. jd aq memuruskan operasi tgl 3 januari 2012.
    doain aq cpt sembuh yaaa..

    1. siap, mari para pembaca disini smua sama-sama mendoakan agar rina bs beraktivitas normal kembali seperti sedia kala secepatnya.. aamiin..

  11. Malam,ku prnah mengalami patah tulang 1th yg lalu,tp jalanku masih pincang,dan 2mggu ini kakiku rasa ngilu,sakit,nyeri..knp ya!apakah minum gamat mengurangi nyeri

    1. salah satu penyebab utm jalan pincang disebabkan oleh kondsi penyembuhan posisi tumbuh tulang yang ga sempurna, bs karena tinggi/pendek sebelah. Hal ini bisa kita cek sendiri. Nah dulu waktu penyembuhan bagaimana? apakh mengndalkan bengkel tulang? Jika benar penyebabnya demikian, segera saja periksa ke dokter spesialis orthopedi, mungkin nantinya disarankan untuk direkondisi kembali tulang yg sambungan patahnya tidak sempurna.
      *sambungan tulang patah yang tumpang jg bisa jadi penyebab rasa ngilu/sakit otot,
      Harus semangat dan tegas, daripada pincang seumur hidup, tentukan keputusan dengan bijak. cmiiw :)

  12. met siang….apakah sambungan tulang patah yg tumpang bs diperbaiki lg??sedangkan saya menglami kclakaan 2 thun yg lalu…mohon pnjelasannya…thx

    1. Sepengalaman saya bisa, rumpang di kaki apalagi, daripada seumur hidup “lurah” (luhur sebelah). Mau ga mau, ibarat ujian, harus remedial penyembuhannya (diulang). Teknik yang dilakukan, secara kasar si sambungan tulang di patahin lagi (karena uda 2 tahun lama sambung), trus disambung lagi dengan posisi yang sempurna seimbang, hal tsb bisa dilakukan dlm sekali operasi atau 2 kali, tergantung diagnosis dokternya.

  13. terima,kasih banget infonya yaa gan
    umur saya 16 tahun, dan saat saya megikuti tes kenaikan sabuk ,saya salah tangkisan, dan tangan saya patah ,kira-kira brapa lama yaa bisa kembali seperti semula

    mnta DO’a nya yaa gan……..

  14. makasih infonya :)
    aku menderita patah tulang paha kanan .. dan sekarang sedang dalam proses penyembuhan .. meskipun belum boleh berdiri ataupun jalan hhe

  15. info yang bagus, sekitar sebulan lalu tiga jari kaki saya patah tulang, saat ini saya hanya minum obat herbal saja tanpa kontrol dokter. tapi sampai saat ini kaki saya rasanya masih nyeri dan linu, saya jadi takut apa itu normal? dan kira-kira ada tidak ya pantangan makanan untuk orang yang patah tulang?kalau ada makanan pantangan itu maksudnya apa ya?apa bisa menghambat pertumbuhan tulang atau punya efek tertentu seperti ngilu dan nyeri yang luar biasa?atau mungkin bisa keduanya.? terimakasih

  16. seperti yang sdh disinggung seblumnya… ada kemungkinan reposisi dari tulang jari yang patah kurang sempurna (kembali ke posisi normal setelah patah) semasa penyembuhan, sehingga ada kemungkinan rasa ngilu disebabkan hal tsb. cmiiw

  17. kenapa saya sudah 6 bulan tetapi tulang paha saya belum nyambung ya ?? padahal umur saya masih 19 tahun !! kenapa ya ?

  18. saya mau tanya..seminggu yg lalu kaki saya keinjek mobil,trs punggung kaki saya patah tulang 3,tapi kata dokter patah baik,jadi tdk di operasi..yg saya tanya kan berapa lama kira2 bisa sembuh kembali ?dan saat ini kaki saya di gips,dan makanan apa yg baik biar saya cepat sembuh??terima kasih .dan mohon doa nya biar saya cepat sembuh..amin ya robb..

  19. Minta info buat penyembuhan patah tulang scr cepat&kapan waktu yg tepat bs belajar berdiri/berjalan? Krn sy pd tgl 6 april 2012 mengalami kecelakaan yg mengakibatkan tulang kering patah. . Minta doa jg biar cpt sehat.. Amiin

  20. selamat siang, sy eva dr jkt tepat tgl 8 april 2012 lalu, sy mengalami kecelakaan yg mengakibatkan tulang lengan tangan kiri sy patah n retak, sy sudah menjalankan pengobatan secara alternatif. kebetulan ditempat sy mlakukan pengobatan makanan yg dipantang yaitu IKAN, namun setelah sy baca artikel ini ternyata ikan sngat berperan penting dlm penyembuhan tulang yg oatah, mohon solusinya karena sy bingung ? thanks :)

    1. jika memang penyembuhan secara alternatif tidak bermasalah, dalam artian tidak ada infeksi atau anomali medis lainya, coba diyakinkan kembali proses penyembuhannya dengan diagnosis dari dokter spesialis ortopedi, karena penyembuhan patah tulang yang salah akan menimbulkan efek ketidaknyamanan dimasa mendatang, contoh kasus sambungan yang ga sempurna, keluhan nyeri otot, dll pada saat aktivitas biasa dilakukan kelak.

  21. o,ya..aq mau nanya ni..aq kn mengalami patah tulang paha sebelah kanan..aq operasi bulan 12 lalu kemudian pen untuk penyangga tulang qu bengkok dan sampai skrng aq belum bsa jlann..
    paling lama orang bisa jalan setelah patah tulang itu berapa bulan y

    1. sebetulnya setelah operasi selesai sudah bisa jalan selama resiko bedahan aman – seminggu setelah operasi biasanya- dan itu tentunya masih menggunakan bantuan tongkat, kemudian setelah beberapa bulan, sesuai dengan anjuran dokter biasanya bertahap baru lepas sau tongkat untuk kegiatan berjalannya, biasanya trus proses terapi.. baru lepas tongkat yang satunya lagi..
      kalo saya dulu dengan kasus yang serupa, kurang dari satu tahun sudah bisa naik turun gunung.. ;)

  22. Gan..saya berumur 26 tahun ketika tnggal 13 mei 2012 lalu mengalami kecelakaan dan dipasang 2 pen pada kaki saya yakni pada tulang betis dan tulang rawan. kira2 berapa lama ya gan sy bisa jalan normal kembali? sy sudah bisa jalan tertatih tanpa bntuan tongkat namun masih terasa perih setelah 3 minggu pasca kecelakaan. apakah itu berbahaya gan? thanks infonya

  23. Sya mw nnya gan,,
    saya sminggu yg lalu patah tulang ,,
    lalu d operasi gan,, stlh 2 hr kok kaki saya ada rasa terkejut2 gt gan d wktu tdur,,knpa t gan ,,
    mohon bantu !!

  24. saya ayik mas…
    1 bulan yg lalu saya menglami kecelakaan motor.. tlng tngan kiri saya hancur…
    kira2 brp lma waktu pmulihannya????

      1. Mo share pengalamanku nih, 3 mg yg lalu gw jatuh di trotoar, wkt itu gw pilih alternatif krn ktnya lebih cepet sembuhnya n ga pake ribet dibandingin ke dokter. Tp setelah 3 mg lebih tidak ada kemajuan sama sekali. Gw udh 3 kalo ganti tukang pijit n ktnya kaki gw cm retak sedikit aja. Krn penasaran ga sembuh2, akhirnya gw putusin utk cek rongent ke RS Siaga dan ternyata hasilnya kaki kiriku patah, di atas mata kaki dan di bawah dengkul. Rasa kiamat dunia ini. Dan akhirnya gw putusin untul operasi pasang pen yang di atas mata kaki. Operasinya hr jumat besok. Semoga lancar2 aja dan selalu semangat untuk sembuh. Buat yg ngalamin patah tulang mmg lebih baik ke dokter aja yg lebih ilmiah dan bs dipercaya.

      2. Terima sebab berkongsi info yang sangat menarik.sy mengalami patah tulang 2bln lps. Hrp cpt sembuh..n kembali bkrja

  25. Trimakasih infonya…, mudah2an bisa tambah pengetahuan saya dan bisa mempercepat penyembuhan patah tulang saya akibat kecelakaan:)

  26. Patah tulang emang butuh waktu yang lama dan juga harus banyak sabar dan berdo’a :)
    yang penting hasil penyembuhan nya sempurna alias tidak pincang :D

  27. saya mengalami patah tulang di bahu kiri ,3 minggu lalu sudah di operasi pemasangan pen. sekarang bahu kiri jadi sakit bila jalan atau tgan kiri dipakai mengangkat benda ringan spt gelas air minum. pertanyaan saya apakah frekwensi hub.sexual dengan istri mempegaruhi proses penyembuhan ptah tulang. trims

  28. sy pakai pen yg ddlm sumsum tulang krn sy dh ngalamin 4 x oprasi dan tulang sy jg remuk krna di bor2
    yg sy tanyain qra2 brp lma yaa penyembuhan’a dan aman gak klo nnt pen’a gak sy cabut lg/ lepas???

  29. As’salamualaikum wr, wb
    Minta solusi Admin,
    Saya mengalami patah tulang bagian paha kanan, udah sekitar 1tahun 2 bulan. Namun baru belum bisa lepas tongkat. Memang saya memilih pengobatan alternatif, dikarenakan saya memang orang pedesa’an. Mau ga mau itu yg ada. Kata orang yg therapi saya… Tulangnya udah nyambung.. Namun belum keras beberapa.. Namun saya merasakan. Saat saya buat berlatih, seperti tulangnya agak bergeser. Bagaimana solusinya gan. Butuh asupan makanan, vitamin, maupun obat2′an yang sesuai. Untuk tulang saya. Supaya cepat pulih. Terima kasih, untuk tambahan saya seorang yg baru berumur 20 tahun… Sekali lagi saya ucapkan terima kasih.

  30. Hri’ini hri’ke 18 stlah oprasi yg ke 3x nya’dn skrang sya sdh brada di rmh,dri RSUD’dn sya gk tau hrus brbuat’apa agar kaki sya cpat smbuh’dn normal kmbli,sya hanya bsa brdo.A agar kaki saya cpat tersambung kmbli,dn stlah,sya cri solusinya’lwat internet.Allhamdulillah sya dpat,msukan untk pertmbuhan.Tlan sya buat,anda mksih bnyak atas informasih dn pengalaman.Anda muda2han kaki sya cpat pulih,kmbli.Amien

  31. Kk mksih info.a,,
    skarng q bsa mkan tlur,tw gk kk,kta org” klau mkn ikan,telur,susu,dan mkan yg pakai terasi..
    Jdi.a q gk brni mkn”n yg sperti itu,,,,
    kk q sdah blan ini q patah tulah dikaki bagian bawah paha,dibetis q,q bsa bergerak bebas,kaki gk skit,q bsa engk pkai tongkt,v knap ea klau berjalan,q blm bsa jln seperti org normal/sperti wktu sbelum keclakaan,q sring blajr,v skit,v q gk jln kaki q seperti org yg dh bsa jln sperti org yg normal,v klau dijalnkn pasti sakit dan berat bla diangkat sebalh kiri yg tdk patah itu,
    knpa ea kk,
    pdahal skarng kls 3 MA ,mw ujian lg,v q blm bsa jalan scra sempurna,,,,
    q mlu pkai tongkt dan q mlu pergi sklh berjaln sperti org pincang,
    kpn ea q bsa sembuh ea kk,,pegen bangetz pergi maen cpek diem dirumh trus,q jdi gemuk dirumah trus,karjaan.a cma tidur aj,cpek tw kk
    tlong ksik solusi ea kk,,
    bls ea kk,q tunggu blesan.a
    by:fizah lombok.NTB

  32. Umur q 17 thn,q patah tulang sudah 2 bulan,kta org yg ngobatin q,tlang q sdah tersambung,v knapa q blm bsa jln,emang q bsa jln tanpa menggunakan tongkat,v cra berjaln q itu tdk seperti org yg normal cara.a berjln,q sdh bngtz kk,kaki q patahdibgian betis,,
    sedih bngetz kkgk bsa sch2l,pdahal bentar lagi mw ujian 3 kls 3,q tkt gk bsa lulus
    sring bngtz q berdoa pd Allah spya dbrikan kesembuhan spya bsa jln secra normal,
    v q blm dksik ksmbuhan,v q percya,q pasti bsa sembuh,mungkn Allah mempunyai jlan yg lain
    v q minta slusi kk ea,,
    please bantu q,q pengn bsa jln secra normal
    q tunggu blesan ea kk
    by:fizah,lombok,NTB

    1. Min..numpang berbagi info boleh yah..^_^
      hai Hafizah..jd ceritanya bbrp bulan yg lalu temen aku ada yg kecelakaan motor..lumayan parah..trus kata dokter pengobatannya bisa makan waktu 9 bulan dan harus operasi pen…nah dia waktu tu pake produk suplemen kalsium organik gitu…dan katanya pas awal2 make berasa ngilu2 gitu..beda sama kl minum kalsium dr dokter..jd seolah-olah tu tulangnya lg diisi ulang..hehe dan ga brp lama setelah rutin minum ktnya dia da bisa lepas 1 tongkat..terus kalau liat dia skrg uda kaya normal aja…padahal dulu sempet putus asa juga…Hafizah mau coba? Kalau mau ntar bisa aku tanya-tanyain..kontak aku ke ventiafri@gmail.com ajaaa…
      oya ga brp lama kmrn pas lebaran jg ktm Tante yg suaminya jg minum kalsium itu abis kecelakaan, dan katanya sembuh lebih cepat..
      sapa tau bisa kasih solusi buat Fizah ya….^_^

  33. gan sy mau tnya,
    kan stelah brobat alternatif btis kaki kanan yg ptah jdi agk kcil gan,ga sma sprti kaki kiri sy gan..
    kra” bsa sma lgi ga bsar btis’a gan sprti kki sy yg kri’a..
    mhon info’a gan..

  34. bang, numpang konsult nii
    sy, 22th… tinggi 160cm, bb 48kg,,
    udah 1th aq patah tulang di bagian paha kiri, saya dioperasi dan dipasang pen sma dr. spesialis ortopedi,,tepatnya tgl 26september 2011, hasil ronsen terakhir sii uda nyatu tulangnya, tapi, sampai saat ini jalan sya msih pincang,,
    menurut anda, penyebabnya apa yaa kok jlnnya pincang?
    apa yang harus sy lakukan?
    apakah itu berkenaan dg mslah otot nya yg blm kuat?
    thnx

  35. Info yg brmanfaat.. Apalagi buat kita yg lg ngalamin patah tulang. Aq jg lg digips krna patah prgelangan tngan kanan. Sering aq mikir, dosa apa ya kok bisa smpe gini critanya? Rasanya stuck bget, tp dibanding temen2 lain yg sdh brbagi crita jd msh bs “bsyukur” cuma patah satu. Nah gimana yg smpe hrs dioprasi brkali2?? Smoga temen semua n aq jg cέραƭ diberi ksembuhan. N ingat, kita musti trimakasih sm yg sdh ngrawat kita slama sakit krena mungkin tanpa disadari kita sdh btingkah njengkelin pas sakit. Tetap smangattt teman2!! Keep fight, ngelawan putus asa n sakit ini

  36. Akhirnya ke medis juga bos, setelah 10 bulan di alternatif belum ada perubahan. Pada bulan ke 5 n ke 7 rontgen belum ada penyambungan, akhirnya tepat 18 juli 2012 operasi pasang pen bonegraft. Add me di fb wyznudejavu@yahoo.com atau gabung di grup tqar buat yakni ” pasukan patah tulang kaki ” qt share disana. Byk ko yg komen2 diatas udah gabung.

  37. saya mau tanya bagaimana cara pemberian menu makanan pada bayi yg usia 11 bln yg mengalami patah tulang di paha sebelah kaki kirinya..

    mhon info’na..

  38. Waduh sepertinya bnyk yg patah tulang lari ke medis ya tp saya jg mau cerita nih walaupun saya lewat jalur alternatif
    Nama saya adjie umur saya 18 thn (nanti bln mei jd 19 :D ) saya mengalami patah tulang paha kanan pada tanggal 15 oktober 2012. Awalnya saya dibawa kerumah sakit puri indah untuk mendapatkan penanganan pertama, lalu sang dokter menyuruh saya oprasi awalnya memang saya berpikir biaya yg amat mahal tetapi bkn karna itu saja saya tdk ingin oprasi tp saya mempunyai saudara sama kejadiannya seperti saya dia di oprasi dikasih pen 4thn blm smbuh, sudah beberapa kali lepas pasang pen saya tkt nasib saya sama seperti dia (bkn berarti saya tak percaya medis tp memang saya tdk ingin sperti dia) lalu saya disarankan oleh tmn saya untuk ke haji naim cilandak disitu tmpt dukun patah sudah recomended dan akhirnya saya kesitu jg
    Awalnya si pak haji melihat hasil ronsen dan stelah itu dia mulai memijit dgn minyak cimande dan mulai menarik kaki saya untuk menaruh tulang ktmpt yg semestinya saya akui rasanya sakit sekali tp sesudah proses itu kaki saya diberi kapas yg bermandikan putihan telur ayam dan diberi bambu disekitar patahan tulang lutut saya jg terkena bambu itu jd kaki saya tdk bsa ditekuk, setelah itu di perban (hampir mirip di gips seperti medis bila dilihat dari luar) akhirnya setelah itu saya berniat menginap disana 1 bln 10hari disana saya setiap 5 hari di cek perban di buka di pijat kembali bila tulang msh pada tmptnya hanya dipijit” sedikit tp bila tulangnya seperti geser akan diurut hingga lurus kembali lalu di perban, 30 hari sudah berlalu saya sudah disuruh belajar jalan awalnya hanya di suruh belajar berdiri lalu jalan sedikit” (step by step) setelah langkah saya pasti saya di perbolehkan plng..
    Saya jg diberi pantangan yaitu tdk boleh makan daging kambing, ikan tongkol, nanas, durian, merokok, minum alkohol, minum kopi, mie instan
    Dan saya jg dianjurkan untuk berjemur pagi hari sekitar jam 7-9 setengah jam/lebih dan disuruh minum susu anline pagi dan malam hari, siang minum susu beruang/susu sapi murni dan jus jeruk (selang beberapa jam tdk bersamaan) lalu di anjurkan makan sayur hijau”an, lele, sumsum sapi, sidat, keju, yogurt (ini smua hanya saran dari pak haji tidak harus tp bila ingin sembuh katanya boleh di ikuti)
    Dan skrg kaki saya sudah bisa digerak-gerakan kembali, sudah jarang terasa sakit/ngilu dan kata pak haji setelah 75hari kaki saya akan di perban se paha jd lutut saya mulai belajar di tekukan, dan setelah itu boleh di tapakan kaki saya tp perlu bantuan kruk bila sudah kuat sekali baru lepas kruk dan normal kembali insyaallah karna saya tergolong muda sekitar 3-4 bln sembuh (aminn)
    Sekian pengalaman saya, saya hanya niat share tmn” :)

  39. Assalamualaikum dok, kaki bgian tulang kering saya patah, kedua tulangnya patah dan menyebabkan luka luar, saya sudah di operasi, namun seminggu setelah operasi dari pergelangan kaki ke bawah terasa terbakar, tebal dan seperti menusuk nusuk terlebiH pada malam hari dok, kalau menurut dokter apa penyebab kaki saya menjadi seperti itu

  40. ass dok, saya mau nanya, apa efeknya bila sedang mengalamii patah tulang betis lalu saya mimpi basah/ mengelurakan onani secara tdk sengaja, apakah menghambat penyembuhan saya?? Lalu bagaimana untuk mengatasinya?? saya laki-laki berumur 21 taun.. Mohon dijawab ya dok, terima kasih

  41. ass dok, saya mau nanya, apa efeknya bila sedang mengalamii patah tulang betis lalu saya mimpi basah/ mengelurakan onani secara tdk sengaja, apakah menghambat penyembuhan saya?? Lalu bagaimana untuk mengatasinya?? saya laki-laki berumur 21 taun.. Mohon dijawab ya dok, terima kasih dok

  42. om, kalo tulang pada kaki pada cewek itu kecil maksudnya kakinya lencir kecil gitu. itu gimana om untuk memperbaikinya. syukron katsir..

  43. hai ka,, makasih banyak ya atas postingannya…
    semoga saya bisa menambah tinggi badan,,
    saya tergolong kegemukan,, tubuh saya hanya 140.. dan umur saya 18 thn
    saya berharap umur saya belum ketuaan untuk pertumbuhan tulang,, saya ingin tinggi badan saya bertambah,, ya, wlopun hnya beberapa sentimeter,, oya, kalo boleh tanya, alpukat termasuk makanan yg memiliki kalsium tinggi kan?

  44. tanggal 1 november 2012 yg lalu aku alami kecelakaan motor karena di tabrak mobil. paha kanan aku patah,aku langsung di bawa ke klinik patah tulang di dekat kejadian aku kecelakaan. aku di rawat selama 6 minggu disana. sampai sekarang aku masih belum bisa jalan..
    suplemen apa yg bagus buat aku ya..
    tolong di bantu,thx

  45. met siang,, aq 2 bulan yang lalu mengalami kecelakaan yang mengakibatkan tulang kering kaki kananku patah. Tapi sudah dioperasi n disambung dengan pen,, skrg aq bisa berdiri tanpa bantuan apa”. dan kakinya juga sudah bisa dipindah”in sendiri. Apa itu menandakan aq akan segera sembuh? Terus biasanya kalau patah tulang sperti saya ini,, membutuhkan waktu berapa lama untuk penyembuhan?? Usia saya 18 tahun..Tolong diberi pnjelasan..he

  46. hallo..
    mao numpang sharing ajahhh,,bulan januari 2013 kmren, w kecelakaan, alhaSil tangan kiri patah ada dua, di engsel siku yg patah dan kebalik,, satunya patah di pergelangan tangan,,

    5jam dr kecelakaan langsung di bawa ke ahli patah tulang, awalnya prediksi 1 bln, tp g tau knp bisa ada luka di daerah yg patah padahal waktu kecelakaan tangan w cuma bengkak, g da luka, alhasil selama 1 bln 2 minggu musti di rawat,, sekarang msh dlm proses penyembuhan, tp alhamdulillah lukanya dh mengecil, dan tangan kiriku dah mulai di latih wat ngangkat nasi bungkus hehehehe….

    klo masalah operasi ato alternatif tergantung dana dan kondisi yakin aja sich menurut w, krn meski lo operasi tp hati u ragu wat sembuh, g da gunanya juga,, yg terakhir yakini Tuhan selalu melindungi lo baik hari ini ato pun esok hari,,,

    satu hal lg, penyakit jgn dimanja,, begitu kt om w yang dah ngerasain patah tulang 3 x hehehehe

  47. slm, mau tnya gan, sy mengalami pth tlng paha dah 6 bln, skrng dh bisa jln tnpa tngkat tpi kadang2 terasa ngilu diantara pthan tlng sya, trus ada tonjolan yg melingkari pthan tlng seperti cin2 besar, yg sya mau tnya apakah rasa nglu itu biasa, dan apakah yg seperti cin2 itu normal.? makasi

  48. makasih yah, tgl 7 des 2013 lalu suami saya operasi pemasangan pen di lengan kirinya akibat kecelakaan, sekarang kayaknya gejala ostyimelisis, menurut kakak saya ndak boleh makan udang, kalau sudah operasi, tolong bantuannya, karna saya bingung.

  49. makasih yah, tgl 7 des 2012 lalu suami saya operasi pemasangan pen di lengan kirinya akibat kecelakaan, sekarang kayaknya gejala ostyimelisis, menurut kakak saya ndak boleh makan udang, kalau sudah operasi, tolong bantuannya, karna saya bingung.

  50. saya mau tanya,suami saya minggu kemarin mengalami patah tulang paha,biasanya berapa lama penyembuhannya,dan bisa jalan normal sekitar berapa lama

    1. Kalau penyembuhan dgn operasi gk lama untuk bs jalan denga tongkat. Kira kira 2 minggu hingga 1 bulan untuk sembuh luka bedahnya.
      Namun jika tradisional lama 3-4 bulan baru bisa pake tongkat

      1. thank’s infonya saya sudah tau…
        saya habis kecelakaan tggl 26.10.2012…tulang kaki kiri saya patah merobek kulit kaki saya atau tulangnya keluar…sudah hampir 7 bulan neh saya belum sembuh-sembuh total(masih pincang jalannya)
        apakah masih normal tuh jalannya ????? mohon infonya

      2. wah agak kurang normal bro,, kalo udah itungan 7 bulan kayak gitu jalannya masih pincang..
        selama 7 bulan terapinya gimana ? apa termasuk terapi “normalin” otot yang sobek ?
        trus sambungan/reposisi tulang yang patah apa normal? atau tumpang? kalo tumpang bakal pincang seumur hidup., sebaliknya kalo reposisinya bagus, mungkin problem pincang ada di bagian pemulihan otot yang belum sempurna.
        cmiiw

      3. Dok, minum CDR fortos boleh ga di konsumsi untuk yang bukan masa penyembuhan tulang, tetapi untuk ninggiin badan?
        Aku pilih CDR fortos karna ngarah kandungan kalsiumnya lebih besar 600mg ketimbang CDR biasa 250mg.
        Sekarang umurku 19 tahun, bulan oktober ini mau 20 tahun.

  51. hai gan.. Mw nanya blh ya.., sya udh menikah dan udah punya anak 1 umur 3,5thn. setelah melahirkn sya gk pernah minum jamu ato obat2an dikarenakn tdk sempat. Skrng sya sering merasa lemas, tulang2 rsanya sakit ato ngilu, apa lg klu kena air ato ac terllu dingin. Ujung2 jari tangan sya sering sekali terasa sakit tulang2ny, skrng jari2 tangan kanan sya sering kyk kebas dan kesemutan. Apa kira2 penyebabny ya..?? Mksh sblmny..g

  52. Makasi infonya gan…

    muacchhh… muachhh
    hehee… doakan saya juga yaaa gannn, supaya bisa pulih segera… hehehehe… saya barusan operasi 2 minggu yang lalu, lengan kiri pas persendian patah… jadi sekarang hanya bisa ditekuk 90 derajat… minta doanyaa yaaa…. :D

    ~MaturNyuwon~

  53. Terima kasih gan,infonya sangat bermanfaat bagi saya..
    Saya pernah mengalami kecelakaan tidak lama beberapa bulan lalu tepatnya di bulan puasa ramadhan,tulang engsel kaki bagian pinggul saya patah dan bergeser,saya telah menjalani operasi, dan kini saya masih memakai tongkat.yang ingin saya tanyakan makanan apa yang bagus buat saya konsumsi,agar saya cepat berjalan tanpa mengenai tongkat lagi,karena saya ingin ke kampus,ikut ujian skripsi
    Sebelumnya terima kasih atas infonya gan :)

    1. Dont push your self.
      Tulang bagian penopang aktifitas fisik, jika dosbing mengizinkan kondisi saat ini untuk skripsi, itu kesempatan baik. berusahalah maksimal karena Jendral Sudirman juga tetap perang walau ada kekurangan, yang penting strategu sukses ujian skripsinya.
      Contoh strategi, anda bisa memakai Kursi Roda, atau tetap menggunakan tongkat.
      Secara umum, kasus tulang patah berangsur pulihnya lama, namun untuk aktifitas bisa kembali dilakukan segera setelah luka bedah kering walau harus dengan tongkat, berbeda dengan cara penyembuhan tradisional, CMIIW

  54. tapi kok saya malah sebalik ya , saya tidak boleh makan coklasihmakat ikan telur si :( jadi binggung tolong di bales .

  55. Kenapa ya tulang paha saya itu pendek atau dengan kata lain pertumbuhan tulang paha saya tidak maksimal? Beri saran yg terbaik ya . Trimakasih

    1. Umur anda berapa?
      pertumbuhan tulang terletak di bagiang “bongkol” tulang paha yang dimaksud, itu terangsang saat masa pertumbuhan. dan berhenti tumbuh setelah usia +- 17 tahun

  56. Hai Gan mau konsultasi nie tulang kaki kering saya patah nih…
    Baru tanganin dokter 1bln.
    Sebelumnya hanya di urut sama orang yg bkan dokter,tp pengobatan urut patah kaki tradisional

    1. konsultasi nya apa gan?
      kalo dokter jelas pasang pen, kira2 1 bulang setelah operasi jalan bisa dibantu tongkat
      kalo bengkel tulang di urut sampe sambungan tulang ada “calus” nya baru dibolehkan jalan/napak (4 bulan)

  57. Permisi agan2 & aganwati, ikutan sharing jg nih
    Sy 2minggu lalu jg kecelakaan motor, tulang lengan bwh kiri patah (2 ruas tulang patah) trus operasi pasang pen, habis operasi kelingking baal mati rasa kadang dingin sendiri diantara jari lainnya, jari manis & telapak tangan bwh kelingking kesemutan gan, ini kenapa ya? Kt dkternya sih pemulihan syaraf karna trauma fraktur agak lama, apa setiap yg mengalami operasi patah tulang pasti mengalami kesemutan kyk gini ya gan? Thx infonya :)

  58. ka mau tanya aku kecelakaan naik motor sekitar tanggal 7 pebuari 2014, yang patah tulang tangan kanan sampy tulang nya keluar .. tapy udah di oprasi pake pen ka terus sekarang tu suka susah tidur dan ada manfaat nya gak ka berjemur d bawah matahari tiap pagi dan 1 lagi berapa bulan normal nya lagi ka ??tolong d jawab iya ka dan minta doa nya biar cepet sembuh iya ka amin ya rob .

    1. maaf baru balas, sekarang sudah akhir july artinya hampir enam bulan penyembuhan.
      Bagi pembaca lain, barangkali mengalami hal serupa yakni gangguan susah tidur. Hal tersebut jg sempat saya alami dulu, malah sering laporan sama perawat, usut punya usut, rasa sakit cenat cenut pada bagian luka mengganggu konsentrasi menuju tidur, beberapa solusi obat penenang (xanax) diambil satu dua kali agar bisa tidur. Solusi sehat ialah menjernihkan pikiran, mensyukuri apa yg terjadi, jauhi sifat aral serta perbanyak berdoa, bernafas dengan teratur termsuk membantu asupan oksigen dlm tubuh.
      kalo bejemur pagi itu jelas manfaatnya yakni menambah kekuatn tubuh agar maksimal menyerap vit. D. okeyyy..

  59. jika ngeroko terus terusan dalam kondisi patah tulang gimana gan dan sering begadang … Mau tanya gan kalo kaki jalan nya udah pincang apa kah masih bisa di perbaiki :)

    1. kemungkinan bisa, kalo pincang karena tulang sambung yang tumpang bisa dioperasi untuk tujuan reposisi agar normal dan sama ukuran antara kaki kanan dan kirinya. cmiiw

  60. sy mengalami kecelakaan patah humerus dextra pasang pen titanium, sebulan kemudian posisi tulang tidak sejajar pen & kemudian direposisi setelah itu digips…pertanyaannya knp hal itu bisa terjadi & knp ada bunyi2 pada tulang yg patah, & brp lama pemakaian gips itu?

    1. secara awam, pemasangan pen bertujuan agar mematenkan sambungan antar patahan agar sembuh pada posisi normal. jadi pengertian tidak sejajar dgn pen apakah ada perubahan posisi pasca operasi (bisa dibandingkan melalui hasil rontgen). mungkin ini tdk menjawab, tapi patut dikomplainkan thd kekuatan pemasangan pen dr tim operasi bedah tulang, krn kalau dipasang pen, kenapa lagi diperlukan gips?
      saran saya pahami kasusnya dan jgn ragu konsultasi dgn dokternya, supaya masa penyembuhan tidak sia2

  61. Hai.semua … nama saya lia umur 22 dri bali..saya mgalami kcelakaan 25april2014. Saya pasang pen di kaki kanan tulang kering. Kaki saya juga ada luka parah yakni luka terbuka karna daging bagian kaki kering tidak mau menutupi pen. Uda hampir 4bulan saya rawat jalan. Saya uda mulai lepas tongkat “anjuran dokter” ya kdang* msih pincang.kta dokter hasil ronsen posisi tulang bagus.tp luka luar saya masih terbuka. Dan akhirnya saya operasi lg untuk penunutup yakni tgl 8agust2014… dan mulai kesakitan lg. Saya mau tanya…apa daging kaki saya mau menutupi tulang saya setelah dilakukan operasi penyambungan daging? Trim :)

    1. turut simpati buat lia di Bali…
      Buat pembaca yang memiliki pengalaman serupa terutama tentang luka terbuka dan operasi penyambungan daging boleh di share :)
      namun analoginya, jika sekeras tulang pun dapat tersambung lagi kenapa enggak serupa dengan daging, karena bagian penyusun terkecil yakni sel terus tumbuh, yah syaratnya penanganan penyembuhan dilakukan secara medis baik dari sisi teknis dan tujuan dilakukan secara tepat. Namun sekali lagi, rasa kepenasaran penyembuhan dijawab beriiringan dengan waktu penyembuhan, termasuk jalan pincang walaupun posisi sembuh tulang bagus, tapi tetap membutuhkan terapi dan memakan waktu. Sabar dan disiplin termasuk obat penyembuhan yang maksimal.
      Semoga lekas sembuh :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s